Jumat, 10 September 2010 15:20 WIB Karanganyar Share :

Stok darah di UTD PMI Karaganyar aman

Karanganyar (Espos)--Persediaan darah di Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Karanganyar untuk masa liburan Lebaran aman. Pasalnya, tingkat pendonor setiap hari berjalan normal. Demikian disampaikan Kepala UTD PMI Karanganyar, Budi Santoso, saat ditemui Espos di ruang kerjanya, Kamis (9/9).

Ia mengungkapkan, hingga saat ini permintaan darah belum meningkat. Menurutnya, hal itu karena tidak adanya kejadian kecelakaan dan bencana alam,karena biasanya kedua kejadian itulah yang menyebabkan lonjakan permintaan darah paling tinggi. “Kami berharap tidak ada kejadian apapun sehingga persediaan darah tidak akan menipis,” papar Budi.

Berdasarkan data yang diperoleh Espos, hingga Kamis (9/9) pukul 13.00 WIB persedian darah untuk golongan A dan B terdapat 20an kantong. Golongan  darah O terdapat 25 kantong, sedangkan untuk golongan darah AB terdapat 15 kantong. Kondisi persediaan darah yang cukup itu, lanjut Budi, juga didukung dengan persedian darah di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karanganyar yang aman pula. Menurut informasi yang Budi dapatkan, persediaan darah di RSUD juga masih cukup untuk beberapa hari ke depan. “Lain halnya apabila persediaan darah di RSUD kurang, persediaan darah di PMI pasti juga akan tipis karena permintaan darah palin banyak dari RSUD,” imbuh Budi.

Kendati demikian, lanjut Budi, pihaknya tetap mengantisipasi adanya lonjakan permintaan darah, yakni dengan cara sosialisasi kepada masyarakat agar mau mendonorkan darahnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga telah mempunyai sekitar 15 orang pendonor yang selalu siap apabila sewaktu-waktu dibutuhkan darahnya. Ia menambahkan, keadaan serupa juga terjadi pada masa Lebaran tahun lalu, dimana persediaan darah juga aman untuk masa liburan Lebaran.

m93

lowongan pekerjaan
PT. TUMBAKMAS NIAGASAKTI, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…