Rabu, 8 September 2010 17:10 WIB Solo Share :

Jelang Lebaran, pengunjung Museum Radya Pustaka naik 300%

Solo (Espos)--Pengunjung Museum Radya Pustaka naik 300%. Kenaikan jumlah pengunjung sudah dimulai sejak Selasa lalu. Setiap harinya, rata-rata pengunjung berkisar 30-an orang dari sebelumnya tak kurang dari 10 orang.

Petugas museum, Rully, mengatakan, sebagian besar pengunjung berasal dari luar kota. “Ada yang dari Jakarta. Mereka mudik ke Solo dan ingin melihat koleksi museum ini,” kata Rully saat ditemui Espos di lokasi, Rabu (8/9).

Ia memperkirakan, pengunjung akan semakin bertambah seusai Lebaran. “Tahun-tahun sebelumnya memang begitu, setelah silaturahmi, biasanya berkunjung ke sini,” katanya.
Pengamatan Espos di lokasi, sejumlah pengunjung terlihat ramai mengamati benda-benda antik koleksi museum tertua ini. Pengunjung banyak yang didominasi oleh rombongan keluarga.

Salah satu pengujung, Agus Setiawan, 46, warga Mangkubumen, mengatakan tertarik dengan koleksi museum yang terletak di Jalan Slamet Riyadi ini. Agus mengunjungi museum beserta keluarga besarnya. “Saya bersama keluarga dan saudara dari Jakarta,” katanya.

Ia beserta rombongan mengaku lebih tertarik menghabiskan waktu liburan dengan mengunjungi tempat wisata yang unik dan tidak ditemukan di kota lain. “Mengunjungi museum yang mengoleksi benda langka sangat menarik untuk dikunjungi, ini menjadi ciri khas Solo dibanding kota lain,” katanya.

Selain itu, berkunjung ke museum lebih memberikan nilai positif bagi anak dan menambah pemahaman mengenai sejarah dan seni budaya bangsa.

m86

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…