Soloraya
Selasa, 7 September 2010 - 21:06 WIB

Wakil rakyat turut pantau arus mudik

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Klaten (Espos)–Kalangan wakil rakyat di Klaten turut memantau arus mudik serta arus balik Lebaran tahun 2010 ini serta pengaruhnya terhadap sosial kemasyarakatan.

Bahkan, anggota DPRD diminta melaporkan hasil pengamatannya terkait kondisi masyarakat di lingkungannya mulai H-2 hingga H+3 Lebaran kepada pimpinan DPRD.

Advertisement

Ketua DPRD Klaten, Agus Riyanto kepada wartawan, Selasa (7/9), menjelaskan semua anggota DPRD diminta memantau kondisi di daerah pemilihan masing-masing menjelang dan pascaLebaran. “Ini kegiatan rutin tahunan. DPRD membentuk tim untuk memantau kondisi masyarakat yang tengah merayakan Lebaran,” katanya di Gedung Dewan.

Dia menambahkan, pemantauan difokuskan pada arus mudik, kondisi lalu lintas, kondisi jalan, harga sembilan bahan pokok, jalan kabupaten, arus balik dan kondisi keamanan. Menurutnya, 50 anggota DPRD akan mulai memantau situasi mulai H-2 sampai H+3. Hasil  pemantauan, lanjutnya, harus dibuat laporan yang dikumpulkan di masing-masing fraksi.

Pihaknya berharap, seluruh anggota Dewan melaksanakan tugas pemantauan secara maksimal sehingga hasilnya bisa menjadi acuan evaluasi tahun berikutnya.

Advertisement

Sementara Sekretaris DPRD Klaten, Agus Yanuari mengatakan tim pamantau itu melaksanakan tugas pokok DPRD dalam hal fungsi pengawasan dengan anggaran Rp 125.000 per hari untuk masing-masing anggota. “Anggaran itu sudah dianggarkan sebagaimana operasional alat kelengkapan DPRD,” ungkapnya. Nantinya semua anggota  wajib membuat laporan pemantauan sebagai bahan koordinasi dengan Pemkab.

rei

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Mudik
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif