News
Selasa, 7 September 2010 - 13:01 WIB

Panglima TNI minta Kolonel Adjie tanggung jawab

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Anggota TNI AU, Kolonel (Pnb) Adjie Suradji menjadi perbincangan karena mengkritik Presiden SBY lewat opini di Harian Kompas. Panglima TNI Jenderal Djoko Santoso pun memerintahkan KSAU Marsekal Imam Sufaat untuk meminta pertanggungjawaban Kolonel Adjie.

“Saya sudah minta kepada KSAU untuk memeriksa yang bersangkutan dan menanyakan kepada yang bersangkutan, meminta pertanggungjawaban,” ujar Djoko di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (7/9), usai mengikuti rombongan Presiden SBY mengunjungi pengungsi Gunung Sinabung di Sumatera Utara.

Advertisement

Terkait pernyataan Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsma Bambang Samoedro dalam surat pembaca di harian Kompas yang menyebut Adjie tengah menghadapi kasus korupsi, Djoko enggan berkomentar banyak. “Ya coba cek ke KSAU,” ucapnya singkat.

Apakah ini pelanggaran kode etik? “Jelaslah,” kata Djoko pendek.

Dalam artikel opininya, Adjie yang bertugas di bagian Dinas Personalia dan Pamen Sopsau, mengkritik pemerintahan SBY. Adjie menyoroti penanganan korupsi di Indonesia. Di bawah artikel itu Adjie mencantumkan identitasnya sebagai anggota TNI AU. Hal inilah yang dianggap melanggar etika. Adalah terlarang personel TNI mengkritik presiden yang merupakan panglima tertinggi.

Advertisement

dtc/tiw

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Kolonel Adjie
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif