News
Selasa, 7 September 2010 - 09:01 WIB

Nanan terjegal, Oegroseno saingi Imam sebagai calon Kapolri

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Komjen Pol Nanan Soekarna tak termasuk di dalam dua nama calon Kapolri yang sudah disodorkan ke Presiden SBY. Menurut sumber, Komjen Pol Nanan Soekarna yang kini menjabat Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) diganti oleh Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Oegroseno.

“Pak Nanan terjegal, namanya tak diajukan sebagai calon Kapolri,” ujar sumber tersebut, Selasa (7/9).

Advertisement

Dua nama calon Kapolri yang disodorkan ke Presiden adalah Kepala Lembaga Pendidikan dan Latihan Polri Irjen Imam Sudjarwo dan Kapolda Sumatera Utara Irjen Oegroseno.

Kabar ini cukup mengejutkan bahkan terkesan dipaksakan, sebab Imam Sudjarwo dan Oegroseno baru berpangkat bintang dua. Sementara Nanan adalah lulusan terbaik angkatan 78 peraih bintang Adhi Makayasa.

Sebelumnya, Nanan disebut paling didukung oleh kalangan internal Polri. Nanan didukung karena dinilai mampu menjaga netralitas Polri dan tak bisa ditekan oleh Parpol tertentu. Nanan dapat diterima oleh semua angkatan yang ada di Polri baik senior maupun junior.

Advertisement

Nanan juga memiliki rekam jejak yang tak diragukan lagi saat menjadi Kapolda Kalimantan Barat dan Sumatera Utara. Nanan dikabarkan pernah menolak mengangkat seorang Kapolres di Sumatera Utara titipan Ketua Komisi III DPR dari partai besar. Ketika bertugas di Sumut, Nanan bahkan meminta seluruh polisi memakai pin yang bertuliskan anti-KKN.

Adapun Imam Sudjarwo disebut sebagai titipan Istana Negara, sebentar lagi akan dinaikkan pangkatnya menjadi Komjen Pol.

Oegroseno disebut-sebut hanya sebagai penggembira. Dia pun kemungkinan bisa terganjal oleh kasus kerusuhan masal antar warga yang berujung pada bentrokan warga dengan polisi di Natal, Mandailing Natal.

Advertisement

inilah/rif

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif