Selasa, 7 September 2010 18:52 WIB News Share :

MUI perkirakan 1 Syawal tahun ini serempak

Jakarta–Hari Raya Idul Fitri yang jatuh 1 Syawal, selama ini bisa dirayakan berbeda hari antara golongan di Indonesia. Namun untuk tahun ini, Majelis Ulama Indonesia (MUI) memperkirakan 1 Syawal akan jatuh di hari yang sama.

“Kami menduga 1 Syawal tahun ini akan sama semua. Insya Allah, tidak ada perbedaan,” ujar Ketua MUI Ma’ruf Amin saat jumpa pers di Gedung MUI, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat, Selasa (7/9).

Menurut Ma’ruf, penentuan 1 Syawal menjadi kewenangan Pemerintah dengan menggelar sidang Itsbat oleh Badan Hisab dan Rukyat Kementerian Agama. Sidang Itsbat sendiri rencananya akan dilakukan besok (8/9), pada sore hari yang melibatkan Pemerintah, MUI dan Ormas-ormas Islam.

“MUI mengimbau bila terjadi perbedaan waktu hari Raya Idul Fitri agar tetap saling menghormati dan menghargai satu sama lain,” imbuhnya.

dtc/tiw

lowongan pekerjaan
PT. TUMBAKMAS NIAGASAKTI, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…