JUS RUDY: Jus dan sup buah a la Rudy. (JIBI FOTO: dev/SPFM)
Selasa, 7 September 2010 14:20 WIB News Share :

Menag
Lebaran kemungkinan besar 10 September

Jakarta –– Hari Raya Idul Fitri 1431 Hijriyah kemungkinan besar akan jatuh pada Jumat, 10 September 2010 mendatang. Namun, keputusan final mengenai hal itu baru akan diambil dalam sidang Itsbat di Kementerian Agama.

“Memang ada kecenderungan tanggal 10 September, tapi belum kita putuskan. Yang akan memutuskan adalah sidang itsbat,” ujar Menteri Agama Suryadharma Ali usai rapat mengenai pendidikan di Kantor Wakil Presiden, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (7/9).

Menurut Suryadharma, diperkirakan pada tanggal 8 September besok, keberadaan hilal masih di bawah minus 2 derajat, sehingga belum terlihat. Karena itu, ibadah puasa digenapkan menjadi 30 hari sampai tanggal 9 September.

“Dengan demikian, tanggal 10 Lebaran-nya,” jelas Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini.

Ia menambahkan, sidang itsbat akan digelar pada Rabu 8 September mulai pukul 17.00 WIB. Sidang penentuan tanggal Hari Raya Idul Fitri itu akan digelar di Kementerian Agama.

Bagaimana dengan masyarakat yang mendahului Lebaran. Menurut Suryadharma, mereka biasanya memakai perhitungan sendiri dan dia tidak mempersalahkannya.

“Jadi untuk sementara ini kita memberi kebebasan tergantung bagaimana cara mereka menghitungnya,” tutupnya.

dtc/tya

LOWONGAN PEKERJAAN
QUALITY CONTROL & ADMIN, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Hantu Komunisme Masih Menakutkan Anda?

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (4/12/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah eljeha@gmail.com. Solopos.com, SOLO–”Communism? Nyet… nyet… nyet…[Komunisme? Tidak… tidak… tidak…].” Begitulah komentar orang Rusia…