Selasa, 7 September 2010 08:22 WIB Ekonomi Share :

Harga beras bakal naik hingga H+3 Lebaran

Jakarta–Pemerintah memastikan stok beras beberapa hari menjelang Lebaran masih aman. Namun pemerintah memprediksikan akan terjadi kenaikan harga beras pada H-3 sampai dengan H+3.

Menteri Pertanian Suswono mengatakan, stok beras yang aman terlihat dari produksi beras yang meningkat sesuai dengan data Badan Pusat Statistik (BPS).

“Data BPS sudah menunjukkan adanya kenaikan produksi beras sebesar 1,17%. Kedepan, angka tersebut akan mengalami kenaikan,” ujar Suswono di Kantor Menko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Senin malam (6/9).

Suswono menjelaskan, di berbagai pasar induk seperti di Cipinang stok beras masih berada dalam posisi yang aman.

“Sampai kemarin stok beras di beberapa pasar salah satunya di Cipinang masih cukup banyak yakni mencapai 3000 ton. Sama halnya di Karawang yang stoknya masih sangat
besar,” jelasnya.

Ia memaparkan, dari sisi produksi suplai beras juga masih sangat melimpah. Dimana terlihat dari panen beras di beberapa daerah.

“Dari Nganjuk saja kita berhasil panen seluas 8000 hektar. Padahal cuaca cenderung hujan namun beberapa tempat bahkan ada yang panen mencapai tiga kali dalam waktu yang tidak lama,” tutur Suswono.

Menurut Suswono hanya di beberapa tempat saja yang gagal panen akibat terjadinya banjir. Tetapi, sambung Suswono, padi yang gagal panen tidak lebih dari 10%.

Namun, terkait stok beras di Bulog, Suswono mengatakan saat ini mencapai 1,4 juta ton beras. Angka tersebut menurut Suswono perlu dikhawatirkan karena dipandang masih sangat rendah.

“Maka dari itu diperlukan opname dimana mencari stok beras sebenarnya ada dimana.
Perlu data apakah stok beras dalam jumlah besar tidak masuk ke Bulog akibat disimpan di pedagang-pedagang besar,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu mengatakan harga bahan pokok terutama beras, daging ayam dan telur diprediksikan akan meningkat.

“Itu tren yang biasa jelang lebaran. Biasanya H-3 sampai H+3,” tutur Mari.

Namun setelah H+3 terjadi kenaikan harga, Mari mengatakan harga beras akan kembali lagi menunjukkan penurunanya.

“Beras dan daging terutama pasca Lebaran akan kembali normal,” ungkapnya.

dtc/rif

lowongan pekerjaan
Hotel Margangsa, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…