ilustrasi timbangan (JIBI/Dok) ilustrasi timbangan (JIBI/Dok)
Senin, 6 September 2010 18:42 WIB Solo Share :

Timbangan pedagang Pasar Gede tak tepat

Solo (Espos) –– Timbangan dagangan para pedagang Pasar Gede Solo tak tepat atau tidak pas takaran. Berdasar uji petugas Balai Metrologi Wilayah Surakarta, Senin (6/9), dari 31 paket produk yang dibeli konsumen, hanya dua paket yang sesuai takaran.

Rencananya kegiatan timbang ulang oleh petugas Balai Metrologi akan dilakukan juga Selasa (7/9) dan Rabu (8/9). Peugas ukur ulang Balai Metrologi Wilayah Surakarta, Antonius Mulyanto, menjelaskan kegiatan dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada pembeli di pasar. Sebab jumlah pembeli di pasar meningkat tajam menjelang lebaran. “Sampai jam 11.00 WIB ini ada 31 pembeli di Pasar Gede yang mengikuti timbang ulang. Dari jumlah itu, hanya dua paket produk yang takarannya pas. Lima paket yang lain takarannya kurang, 24 paket beratnya melebihi takaran,” katanya.

Anton melanjutkan, hasil uji timbang ulang akan dijadikan dasar untuk melakukan pengawasan maupun tindakan represif. Kegiatan pengawasan dilakukan sekitar bulan November mendatang. Tim menyertakan teknisi timbangan dalam kegiatan pengawasan yang dilakukan langsung ke pasar-pasar itu. “Bila ada timbangan yang ukurannya tidak pas akan langsung diseting ulang oleh petugas. Penyebab takaran timbangan tak pas juga akan diselidiki. Bagi pedagang nakal akan diberi peringatan,” tegasnya.

kur

lowongan pekerjaan
ADMINISTRASI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Orang Gila Gaya Baru

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (13/2/2018). Esai ini karya Fajar S. Pramono, peminat isu sosial ekonomi dan alumnus Universitas Sebelas Maret Solo. Alamat e-mail penulis adalah fajarsp119@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Belum hilang dari ingatan kita kasus penganiayaan atas diri…