Pilkada
Senin, 6 September 2010 - 20:48 WIB

Sejumlah warga Wonogiri bentuk Satgas anti money politics

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Wonogiri (Espos)–Sejumlah warga Kabupaten Wonogiri mendeklarasikan pembentukan Satgas Anti Money Politics di rumah Ketua Umumnya, Rio Hana, Rejosari, Ngadirojo Kidul, Ngadirojo, Wonogiri, Senin (6/9) sore. Pendeklarasian itu dimaksudkan agar praktek tercela atau money politics dalam Pilkada Wonogiri tidak terjadi.

Anggota Satgas akan disebar di 25 kecamatan dan akan ikut mengawasi tingkah laku para calon bupati (Cabup), calon wakil bupati (Cawabup) dan tim kampanye masing-masing calon. Satgas bentukan baru itu akan bermarkas di Kenteng, Ngadirojo Kidul, Ngadirojo, Wonogiri.

Advertisement

Pernyataan itu disampaikan Ketua Umum Satgas Anti Money Politics, Rio Hana saat ditemui Espos di sela-sela persiapan deklarasi. “Markas utama akan didirikan di rumah kami di Kenteng, Ngadirojo Kidul, tetapi juga akan dibangun Posko di setiap kecamatan,” ujar Hana.

Dijelaskan oleh Hana, deklarasi Satgas Anti Money Politics (SAMP) bertujuan untuk menegakkan pelaksanaan demokrasi di Wonogiri. ”Empat pasangan calon akan kami awasi semua. Tidak pilih kasih, kami merupakan Satgas Anti Money Politics independen. Kami berharap pelaksanaan Pilkada Wonogiri benar-benar berjalan bersih. Bersih dari money politics, bersih dari intimidasi atau ancaman.”

Bagaimana soal anggota? Hana menyatakan, saat ini sudah ada 1.000 orang. Dia mengaku telah mencium aroma money politics. Salah satunya, dugaan money politics yang diadukan ke Panwas Wonogiri. “Tidak hanya Cabup Danar, Cabup Maryoto dan Cabup-Cabup lain kalau terbukti kami laporkan dan tidak akan kedaluwarsa.”

Advertisement

Hana juga menyatakan akan menindak tegas anggotanya jika turut bermain money pilitics. “Anggota seperti itu (terlibat money politics) kami keluarkan. Kami pun percaya, anggota tidak akan berani karena merupakan tokoh-tokoh masyarakat di wilayah mereka. Kami juga tidak akan arogan atau melangkahi kewenangan dan tugas Panwas Pilkada.”

Sebelumnya Ketua Panwaslu Wonogiri, S Prihmardoyo menyambut senang adanya pembentukan Satgas Anti Money Politics. Ketua DPD Partai Golkar Wonogiri, Edy Santoso mengatakan pembentukan Satgas Anti Politics diperlukan untuk mengawal Pilkada Wonogiri.


tus

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Money Politics Pilkada
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif