Senin, 6 September 2010 11:32 WIB News Share :

SBY serahkan bantuan Rp 3 M untuk pengungsi

Medan–Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyerahkan bantuan senilai Rp 3 miliar untuk pengungsi letusan Gunung Sinabung di Karo, Sumatera Utara.

Uang itu berasal dari anggaran Departemen Sosial dan kantor Kepresidenan. “Akan saya serahkan Rp 3 miliar nanti. Rp 2 miliar adalah dana yang dikelola oleh  Mensos. Rp 1 miliar adalah dana yang dikelola oleh kantor Presiden,” kata SBY.

Hal ini disampaikan SBY saat memberikan sambutan usai mendapatkan paparan terkait letusan Gunung Sinabung di Pangkalan Udara TNI AU di Bandara Polonia, Medan, Sumatera Utara, Senin (6/9).

SBY menjelaskan agar pemimpin daerah yang daerahnya terkena bencana untuk lebih sigap dan memiliki kesadaran yang tinggi karena hal itu bisa mengurangi jumlah korban.

“Yang lebih siap, yang lebih memiliki kesadaran dan kepemimpinan para pejabat yang aktif dan baik maka kerusakan atau korban bisa dikurangi,” ujar SBY.

Dalam kesempatan ini, SBY menjelaskan selama 6 tahun kepemimpinannya, dia selalu mengunjungi daerah-daerah yang terkena bencana, termasuk letusan Gunung Merapi di Yogyakarta, letusan Gunung Kelud di Kediri, letusan Gunung Talang di Sumatera Barat dan lokasi bencana alam lainnya.

Kedatangan SBY ke lokasi Gunung Sinabung ini dimaksudkan guna memantau langsung manajemen tanggap darurat di sana. SBY bersyukur karena dalam musibah ini tidak ada korban jiwa yang langsung diakibatkan oleh letusan gunung.

Namun demikian, SBY meminta pemerintah setempat untuk memperhatikan para korban, termasuk faktor psikologis dan perawatan terhadap para korban. “Cepat atau lambat, belasan ribu pengungsi yang berkumpul ini bisa menimbulkan masalah,” kata SBY.

dtc/tiw

lowongan pekerjaan
PT. TUMBAKMAS NIAGASAKTI, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…