Senin, 6 September 2010 21:03 WIB Solo Share :

Pembangunan RSUD, Walikota ajukan pembangunan multy years

Solo (Espos)–Walikota Solo Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi menuturkan eksekutif mengajukan permohonan pembangunan rumah sakit umum daerah (RSUD) dengan sistem multy years.

Permohonan tersebut diajukan menyusul mepetnya akhir tahun anggaran dengan pencairan dana bantuan dari pemerintah pusat khususnya dari Kementerian Kesehatan. Tidak mungkin, menurut dia, pelaksanaan pembangunan RSUD dengan total anggaran senilai Rp 70 miliar bisa rampung dalam waktu satu tahun.

“Anggaran Rp 7 miliar itu kan bukan untuk pembangunan seluruh rumah sakit sampai selesai. Sebaliknya dana itu nantinya hanya akan kami gunakan untuk membangun konstruksi dasar RSUD. Kalau penyelesaian sampai 100% baru bisa dilaksanakan pada tahun sesudahnya,” jelas Jokowi ketika dijumpai wartawan, Senin (6/9).

Jokowi menambahkan, pihaknya optimis bisa menyelesaikan pembangunan konstruksi dasar RSUD dalam waktu tiga bulan. Pasalnya, eksekutif berkomitmen kerja lembur agar dana Rp 7 miliar bisa habis sesuai sasaran sebelum akhir tahun anggaran.

Mengenai saran dari dewan agar dana dikembalikan kepada pemerintah pusat karena mepetnya akhir tahun anggaran, Jokowi menjawab tidak bisa melaksanakannya. “Dana itu sudah kami perjuangkan sejak tiga tahun yang lalu. Tidak akan mungkin dana itu kami lepas sebab sulit sekali meraihnya,” tandasnya.

Akan rugi, imbuh Jokowi, apabila dana yang sudah ada di genggaman dilepas lagi karena belum tentu tahun berikutnya Pemkot berhasil meraih dana tersebut. Masih mengenai pembangunan RSUD, Jokowi menuturkan, diperkirakan pada 2011 nanti sudah bisa rampung semua.

Terpisah, Ketua Komisi IV DPRD, Zaenal Arifin menuturkan, pihaknya mempersilakan Pemkot meneruskan rencana menerima dana bantuan dari pemerintah pusat apabila mereka optimis pembangunan bisa diselesaikan tepat waktu. “Kalau memang pembangunan bisa dilanjutkan pada tahun depan ya tidak apa-apa. Sebab intinya warga Solo memang sudah membutuhkan RS sendiri,” tandasnya.

aps

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…