Senin, 6 September 2010 12:40 WIB News Share :

Kapal tanker Jepang dirompak di perairan Indonesia

Kuala Lumpur — Sebuah kapal tanker dari Jepang diserang perompak di perairan Indonesia. Aksi perompakan meningkat tajam dalam 20 hari terakhir di laut perbatasan Indonesia, Malaysia dan Singapura itu.

Pusat pelaporan aksi perompakan dari International Maritim Bureau (IMB), menyebutkan kapal tanker itu tengah berlayar dari Singapura menuju China. Namun saat melintas di Pulau Mangkai, Indonesia, gerombolan perompak membajak tanker itu.

“Serangan itu pada pukul 3.00 WIB dini hari, Minggu (5/9). Para perompak naik ke tanker dan merampok 23 kru di kapal lalu melarikan diri,” kata Noel Choong, kepala pusat pelaporan perompakan IMB, kepada AFP, Senin (6/9).

Menurut Choong ini adalah aksi bajak laut ke 27 kalinya di laut China Selatan sejak Februari 2010. “Kami sudah memberitahu aparat berwenang di Indonesia dan memperingatkan kapal-kapal untuk bersiaga karena biasanya para perompak membatalkan aksinya jika sudah ketahuan,” jelasnya.

Pulau Mangkai berada di jalur sibuk pelayaran sampai sepanjang pantai timur semenanjung Malaysia. Ini adalah jalur pelayaran antara negara-negara Asia Timur dan Samudera Pasifik. Choong mengatakan, ada peningkatan aksi perompakan yang memprihatinkan.

IMB menerima 10 laporan dalam 20 hari terakhir. Di perairan itu, terdapat lebih dari satu kelompok perompak. Mereka dipersenjatai dengan pistol dan golok. “Harus ada lebih banyak patroli di perairan itu karena peningkatan serangan perompak,” tutupnya.

dtc/tiw

lowongan pekerjaan
PT. Monang' Sianipar Abadi ( MSA KARGO ), informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Bersenang-Senang

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (13/11/2017). Esai ini karya Sholahuddin, Manajer Penelitian dan Pengembangan Harian Solopos. Alamat e-mail penulis adalah sholahuddin@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini terjadi perubahan secara radikal pada lanskap ekonomi dan bisnis di Indonesia. Sektor bisnis konvensional…