Minggu, 5 September 2010 22:51 WIB Pendidikan Share :

Tunjangan sertifikasi, DPPKA pastikan cair sebelum Lebaran

Solo (Espos)–Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPKAA) Solo, Budi Yulistianto, memastikan tunjangan sertifikasi guru Solo akan cair sebelum Lebaran. Namun ia belum bersedia menyebutkan hari pastinya.

Budi memaparkan sebenarnya dana itu sudah ada dan kini berada di rekening kas umum daerah. Namun tidak bisa segera dicairkan karena masih ada beberapa proses yang harus dilalui. Ketika disinggung apakah itu karena soal data penerima tunjangan yang beberapa waktu lalu sempat bermasalah, Budi mengelak. “Ini masalah proses saja setelah ada izin khusus dari DPRD Solo,” ujarnya saat dihubungi Espos, Minggu (5/9).

Ia menjelaskan, jika sesuai mekanisme yang ada, dana itu baru akan cair setelah pengesahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Solo oleh DPRD Solo pada Oktober 2010. Tapi dari DPPKA sudah mengusahakan agar pencairannya dipercepat. Beberapa waktu lalu, Walikota Solo, Joko Widodo sudah melayangkan surat izin ke DPRD dan sudah disetujui. Namun setelah itu ada beberapa proses yang harus dilalui untuk menyiapkan segala berkas yang dibutuhkan.

“Jika sudah siap semua, dana itu akan segera dicairkan sesuai ketentuan yang ditetapkan dengan mentransfer ke rekening masing-masing penerima. Kami usahakan secepatnya sebelum Lebaran,” terangnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo, Rakhmat Sutomo mengungkapkan soal pencairan tunjangan sertifikasi guru, saat ini tinggal menunggu kinerja  dari DPPKA. Tugas Disdikpora hanya menyiapkan data dan itu sudah dilaksanakan. Tapi ia memperkirakan dana itu akan cair satu atau dua hari lagi. Kepada penerima tunjangan sertifikasi, Rakhmat mengimbau agar bersabar karena yang diurus DPPKA jumlahnya sangat banyak. “Semoga cair sebelum Lebaran,” ujarnya.

ewt

lowongan pekerjaan
PT. JATIM BROMO STEEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Bersenang-Senang

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (13/11/2017). Esai ini karya Sholahuddin, Manajer Penelitian dan Pengembangan Harian Solopos. Alamat e-mail penulis adalah sholahuddin@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini terjadi perubahan secara radikal pada lanskap ekonomi dan bisnis di Indonesia. Sektor bisnis konvensional…