Minggu, 5 September 2010 11:20 WIB Tekno Share :

Snakebot, robot ular yang bisa bernyanyi

Jakarta–Setelah robot kecoak gesit yang bisa membuat seseorang lari terbirit-birit. Kini hadir robot ular yang bisa melilit di pepohonan layaknya ular betulan.

Robot yang dinamai Snakebot ini dibuat oleh Biorobotics Lab Universitas Carnegie Mellon (CMU), Pittsburgh, Amerika Serikat. Seperti dikutip dari Cnet, Minggu (5/9), Snakebot dikatakan mampu melilit dirinya pada tiang, pepohonan maupun berjalan secara vertikal ke dalam pipa.

Snakebot yang berjalan secara meliuk-liuk itu bahkan mampu menggoyangkan buntutnya di atas pohon, melihat sekelilingnya melalui kepala berisi kamera dan yang lebih menakjubkan ia mampu bernyanyi lagu kebangsaan AS Star-Spangled Banner yang membuatnya mendapat julukan ‘Paman Sam’.

Robot tersebut rupanya telah digunakan dalam pelatihan bencana dan suatu saat nanti diharapkan dapat melakukan pencarian dan operasi penyelamatan pada kondisi lapangan yang tidak memungkinkan orang memasukinya.

Modular robot tersebut dibangun dari segmen sensor dan aktuator yang membuatnya bisa merubah ukuran panjang dan dengan mudah untuk dirakit ulang.

Peneliti di CMU mencatat bahwa pada percobaan memanjat pohon, Snakebot baru bisa memanjat pada pohon dengan lebar batang tertentu.

“Para peneliti bekerja untuk merancang, membangun dan memprogram robot ini. Namun masih banyak yang harus diperbaiki agar robot ini mampu memanjat pohon yang lebih tinggi dengan berbagai ukuran pohon dan memudahkan navigasi dari cabang dan kabel,” ungkap pihak Universitas Carnegie Mellon.

dtc/tiw

lowongan pekerjaan
Toko Cat Warna Abadi (WAWAWA), informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…