Minggu, 5 September 2010 21:55 WIB Ekonomi Share :

Pengunjung pusat perbelanjaan membeludak

Solo (Espos)–Pengunjung di sejumlah pusat perbelanjaan di Kota Solo membeludak. Bahkan, pintu masuk kendaraan ke Pusat Grosir Solo (PGS) sempat ditutup selama hampir satu jam, lantaran dari lima lantai yang sudah disediakan untuk lahan parkir mengalami over load.

Berdasar pantauan Espos, di dua lokasi pusat perbelanjaan, yakni di PGS dan Solo Grand Mall (SGM), Minggu (5/9), membeludaknya pengunjung menyebabkan kemacetan di setiap akses jalan masuk. Seperti di perempatan Gendengan sebelum SGM, serta di seputaran Gladak sebelum menuju PGS. Kenaikan pengunjung diprediksi mencapai 50% dari kunjungan hari biasa.

Public Relation PGS, Sherly Trisnawati, saat ditemui Espos, di ruang kerjanya, menyampaikan peningkatan jumlah pengunjung sudah signifikan terjadi sejak Rabu pekan lalu dan diprediksi akan terus terjadi hingga H+7. Perkiraan jumlah pengunjung PGS pada akhir pekan lalu yakni Sabtu-Minggu, berkisar 35.000 pengunjung per harinya.

“Angka ini cukup naik signifikan dari rata-rata kunjungan pada akhir pekan biasa yang hanya berkisar 7.000 hingga 10.000 pengunjung. Dengan membeludaknya angka kunjungan ini, kami sempat tutup pintu masuk menuju PGS mulai dari 11.15 WIB, sampai kira-kira satu jam,” tutur Sherly.

Atau, lanjut Sherly, jika di lima lantai area parkir sudah ada yang longgar maka secara periodik pintu masuk akan dibuka lagi. “Jadi memang benar-benar over load, sampai kami harus rutin cek ke lapangan.”

Sementara itu, dari pantauan Espos, area parkir di halaman SGM terlihat meluber hampir ke jalan-jalan kampung. Di satu sisi, pada puncak kunjungan menjelang Lebaran ini, SGM memaksimalkan lahan parkir sampai lima lantai.
Pengunjung diprediksi justru meningkat pada kisaran dua kali lipat dari angka kunjungan rata-rata akhir pekan yang hanya mencapai 18.000 hingga 19.000 pengunjung. “Tetapi, akhir pekan lalu prediksinya justru melebihi. Pengunjung mencapai kisaran angka 50.000,” tutur PR SGM, Vera Imanuela.

Prediksinya, peningkatan pengunjung ini akan terus terjadi hingga H+5. Sehingga, seperti tahun-tahun sebelumnya, pada hari H Lebaran SGM tetap beroperasi, tetapi buka siang pukul 12.00 WIB. Untuk sistem keamanan, Vera menambahkan, pihak manajemen melakukan penambahan jumlah security yang di sebar berpakaian bebas. “Untuk memudahkan pengawasan,” tambahnya.

haw

lowongan pekerjaan
Hotel Margangsa, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…