News
Minggu, 5 September 2010 - 15:32 WIB

Pelapor calo tiket KA masih rendah

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Meski sudah diiming-imingi imbalan Rp 500 ribu, pelapor calo tiket kereta api (KA) masih tergolong rendah. Padahal, PT KAI menduga para calo tiket mudik lebaran masih beroperasi di sekitar stasiun kereta api.

“Atas laporan masyarakat baru satu orang. Lainnya pengembangan polisi dan petugas,” ujar Kepala Humas Daerah Operasional I Jakarta, Mateta Rizalul Haq, di Stasiun Gambir, Jakarta, Minggu (5/9).

Advertisement

Menurutnya memang keberadaan calo tahun ini sebenarnya relatif jauh berkurang dibanding mudik lebaran tahun-tahun sebelumnya. Para calo tersebut kini sudah tak berani lagi beroperasi di sekitar stasiun Gambir sebab ketatnya razia yang polisi gelar. “Sudah sembilan yang kita tangkap, di luar (stasiun) semua,” tukasnya.

Sementara itu, dari sembilan calo tiket yang ditangkap sejak H-30, PT KAI mendapatkan bandar tiket cukup besar. Kuat dugaaan si pelaku merupakan pemain lama. “Kita dapatkan 38 tiket dari tangannya, nilainya total kira-kira Rp 9 juta,” kata Mateta.

Pelaku ditangkap dua pekan lalu di Stasiun Juanda, Jakarta, dan saat ini telah diserahkan kepada polisi untuk diproses. Sementara pelaku lainnya rata-rata membawa 2-3 tiket. “Mereka menjualnya sampai 2 kali lipat dari harga tercantum di tiker,” ceritanya.

Advertisement

Modus pelaku, lanjut Mateta, biasanya memperoleh tiket dengan menyewa puluhan joki. Setiap joki diberi upah Rp 10 hingga Rp 20 ribu. “Dia (pelaku) bisa sewa 20 joki dengan rata-rata satu orang beli 4 tiket,” ungkapnya.

dtc/tiw

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Calo Tiket KA
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif