Minggu, 5 September 2010 15:17 WIB Ekonomi Share :

Mulai November, Jawa-Bali dapat tambahan daya 330 MW

Jakarta–Sistem kelistrikan di Jawa Bali akan memdapat tambahan pasokan daya sebesar 330 MW pada pertengahan November 2010.  Penambahan ini diperoleh dari PLTU Indramayu Unit 1 yang akan segera beroperasi November mendatang.

“Saat ini PLTU Indramayu unit 1 tersebut sedang dalam tahap komisioning (pengujian),” ujar Manajer Senior Komunikasi Korporat PLN Bambang Dwiyanto dalam siaran persnya yang diterima detikFinance, Minggu (5/9).

Bambang menyatakan, dengan masuknya tambahan daya dari PLTU Indramayu, dipastikan semakin memperkuat ketersediaan dan keandalan pasokan listrik di Jawa Bali. “Sekarang ini, daya mampu pembangkit di Sistem Jawa Bali sekitar 19.000 MW dengan perkiraan rata-rata beban puncak sekitar 17.800 MW,” paparnya.

PLTU Indramayu dibangun dengan kapasitas 3 x 330 MW ini, terdiri dari tiga unit mesin pembangkit. Dibangun di atas lahan seluas 83 hektar di desa Sumur Adem, Kecamatan Sukra Kabupaten Indramayu.

Setelah Unit 1 PLTU Indramayu beroperasi tahun ini, diharapkan akan disusul kemudian dengan beroperasinya mesin pembangkit Unit 2 pada pertengahan Februari tahun depan.

“Sedangkan mesin pembangkit Unit 3, diperkirakan sudah bisa memasuki tahapan commercial operation date (COD) pada pertengahan Mei 2011,” ungkapnya.

Proyek pembangkit listrik ini, dibangun dengan kebutuhan biaya sebesar USD  696,734 + Rp 1.497 milyar.  Pendanaannya bersumber dari dari pinjaman Bank of China, konsorsium beberapa bank nasional dan APLN. Pendanaannya bersumber dari dari pinjaman Bank of China, konsorsium beberapa bank nasional dan APLN.

Pelaksana kontrak pekerjaan dilaksanakan oleh SINOMACH – CNEEC – PT Penta Adi Samudera Joint Operation. Sedangkan konsultan disain dikerjakan oleh PT Prima Layanan Enjinering.

Kebutuhan batubara untuk PLTU Indramayu yang merupakan bagian dari proyek 10.000 MW ini, diperkirakan mencapai 4.200.000 ton / tahun. “Nantinya listrik yang dihasilkan dari PLTU ini akan disalurkan melalui transmisi 150 kV ke Gardu Induk (GI) Sukamandi,” jelasnya.

dtc/tiw

lowongan pekerjaan
PT. TUMBAKMAS NIAGASAKTI, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…