Soloraya
Minggu, 5 September 2010 - 00:24 WIB

Lantai peron ditinggikan, stasiun potensi telan korban pemudik

Redaksi Solopos.com  /  Nadhiroh  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Klaten (Espos)–Sejumlah stasiun kereta api (KA) di Daops VI Yogyakarta berpotensi menelan korban bagi penumpang kelas ekonomi menjelang Lebaran ini.

Penyebabnya, lantai peron tempat menaikkan dan menurunkan penumpang KA saat ini sejajar dengan lantai KA. Kondisi tersebut dinilai akan mengancam keselamatan penumpang KA ekonomi yang terbiasa duduk di tepi pintu KA lantaran tak kebagian tempat duduk.

Advertisement

“Untuk itulah, di Stasiun Klaten akan menutup loket penjualan tiket jika menerima informasi bahwa KA sudah penuh,” kata Kepala Stasiun KA Klaten, Triyanto ketika ditemui Espos di ruang kerjanya, Sabtu (4/9).

Lebih jauh dia menjelaskan, sejumlah peron yang telah disejajarkan dengan lantai KA antara lain peron stasiun Tugu Jogja, stasiun Lempuyangan Jogja, serta stasiun Balapan Solo.

Di stasiun tersebut, jelasnya, kondisi peronnya sangat berpotensi menelan korban jiwa bagi penumpang KA ekonomi yang terbiasa duduk di luar rangkaian gerbong ketika terjadi overload penumpang.

Advertisement

“Apalagi menjelang Lebaran yang berdesak-desakan, maka akan banyak penumpang duduk di lantai samping pintu bahkan di atap rangkaian. Padahal, KA ekonomi tetap berjalan cepat ketika memasuki stasiun tersebut,” paparnya

asa

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif