Sabtu, 4 September 2010 21:49 WIB News Share :

Transaksi wesel meningkat

Temanggung–H-6 Lebaran tahun ini menunjukkan transaksi wesel pos di Kantor Pos Temanggung, Jawa Tengah, menjelang Lebaran 2010 menunjukkan peningkatan hingga 100 persen dibanding hari biasa yakni dari rata-rata Rp200 juta per hari menjadi Rp400 juta.

“Sejak awal pekan ini , baik wesel kirim maupun wesel bayar di Kantor Pos Temanggung naik cukup signifikan,” kata Supervisor Pelayanan Kantor Pos Temanggung, Rita Suwito.

Jumlah nilai wesel bayar lebih banyak dibanding wesel kirim. Jika biasanya wesel bayar sekitar Rp200 juta per hari, sekarang mencapai Rp400 juta per hari, sedangkan wesel kirim dari rata-rata Rp30 juta per hari menjadi Rp60 juta per hari.

Wesel yang harus dibayar Kantor Pos Temanggung dikirim dari dalam negeri maupun luar negeri. Kiriman dari luar negeri kebanyakan dari mereka yang bekerja di luar negeri, antara lain dari Malaysia dan Arab Saudi.

Para pengguna jasa wesel kebanyakan memanfaatkan wesel pos instan. Keuntungan wesel ini bisa diambil di mana saja asal pengambil wesel mengetahui nomor transaksi pusat (NTP).

“Pada wesel pos instan, kantor pos tidak memberitahu kepada penerima wesel, tetapi antara pengirim dan penerima saling berkomunikasi untuk memberitahukan NTP dan penerima bisa mengambil uangnya di kantor pos mana pun,” kata Rita .

Ia mengatakan, pengiriman uang dengan wesel pos instan dibatasi maksimal Rp25 juta. Keuntungan menggunakan wesel pos instan tidak memerlukan alamat atau domisili penerima wesel seperti pada wesel prima.

Menurut dia, meskipun sekarang telah ada wesel pos instan, pengguna jasa wesel prima masih ada tetapi jumlahnya sangat sedikit. Jasa wesel prima, wesel pos diantar ke alamat penerima.

ant/nad

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…