Sabtu, 4 September 2010 17:58 WIB Info Mudik Share :

Tips mudik sehat dan aman

Jakarta–Anda ingin mudik dengan kendaraan sendiri? Sebaiknya, jangan berangkat saat baru saja pulang bekerja.

Selain capek, psikologis Anda juga hampir pasti lelah karena lalu lintas di Jakarta akhir-akhir ini sangat padat.

Tips itu diberikan oleh Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) dr Tjandra Yoga Aditama dalam surat elektronik kepada detikcom, Sabtu (4/9). Selain tips tersebut, Tjandra juga masih memiliki tips-tips yang lain.

Sebelum berangkat mudik, sebaiknya Anda memeriksakan kesehatan terlebih dulu. Apalagi jika selama ini Anda memiliki keluhan sakit tertentu. Siapkan juga obat-obat yang kira-kira Anda butuhkan.

“Bawa persiapan makanan minuman, khususnya kalau membawa bayi dan anak-anak,” kata Tjandra.

Tak kalah penting, kendaraan yang hendak dipakai mudik juga harus ‘diperiksa’. Pastikan kondisinya prima sehingga tidak terjadi gangguan di jalan.

Saat di perjalanan, jangan paksakan diri untuk terus berjalan jika kondisi tidak memungkinkan. Jika merasa lelah, carilah tempat untuk beristirahat. Ada baiknya, Anda beristirahat secara periodik.

“Jangan memaksakan diri dengan meminum obat atau bahan tertentu yang dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh sesaat,” kata Tjandra.

Tjandra juga mengingatkan agar tidak membeli makanan sembarangan. Jika salah makan, otomatis kesehatan dapat terganggu.

“Kalau diperlukan maka jangan ragu-ragu untuk manfaatkan pos kesehatan disepanjang arus mudik yang sudah disediakan pemerintah, semua pelayanan di pos itu adalah cuma-cuma,” kata Tjandra.

Jika sudah sampai ke tujuan, cepatlah beristirahat. Jangan paksa diri Anda untuk langsung berkeliling-keliling ke rumah sanak saudara untuk berlebaran.

Selamat mudik..

dtc/nad

lowongan pekerjaan
garment, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…