Sabtu, 4 September 2010 13:48 WIB Internasional Share :

Obama akan bertemu pemimpin ASEAN di New York

Washington--Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama akan menjadi tuan rumah pertemuan para pemimpin ASEAN pada 24 September mendatang. Pertemuan AS-ASEAN itu akan digelar di New York.

Pertemuan itu akan menjadi pertemuan AS-ASEAN yang kedua. Dalam pertemuan sebelumnya, para pemimpin sepakat untuk meningkatkan kerja sama di bidang-bidang seperti perdagangan dan investasi, pangan, energi dan keamanan regional.

“Presiden menantikan untuk bekerja sama dengan para pemimpin guna menilai kemajuan pada bidang-bidang tersebut, mengidentifikasi upaya di masa mendatang untuk memperkuat hubungan AS-ASEAN serta membicarakan pendekatan multilateral untuk kerja sama regional yang lebih besar,” demikian pernyataan Gedung Putih seperti diberitakan Reuters, Sabtu (4/9).

ASEAN yang merupakan perhimpunan 10 negara-negara se-Asia Tenggara merupakan mitra ekonomi dan strategis yang penting bagi AS.

“ASEAN akan menjadi titik tumpu perdagangan baru dan arsitektur keamanan di wilayah Asia-Pasifik untuk abad ini,” ujar Ernest Bower, penasihat senior di lembaga Center for Strategic and International Studies di Washington.

Mengingat pentingnya ASEAN bagi AS, sejumlah analis berharap Obama seharusnya mengundang para pemimpin ASEAN itu ke Gedung Putih.

Bukannya mengadakan pertemuan di New York, di sela-sela sidang Majelis Umum PBB.

dtc/nad

lowongan pekerjaan
PT. JATIM BROMO STEEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…