Jumat, 3 September 2010 12:17 WIB News Share :

Kualitas calon Kapolri dinilai pas-pasan

Jakarta–Calon Kapolri yang muncul di permukaan dinilai belum ada yang mumpuni. DPR harus jeli melihat jejak rekam dan perilaku calon Kapolri.

“Saat ini saya kira semua kandidat pas-pasan,” ujar Pengamat Kepolisian dari UI Bambang Widodo Umar dalam Dialog Perspektif Indonesia, Mencari Figur Kapolri dan Jaksa Agung di Gedung DPD RI, Senayan, Jakarta, Jumat (4/9).

Bambang meminta DPR melakukan tes kelayakan dengan sangat teliti. Sebab, seringkali terdengar hilangnya catatan perilaku sejumlah petinggi kepolisian sejak di akademi kepolisian.

“DPR harus menagih catatan kondite yang dimiliki calon Kapolri sejak belajar di akademi kepolisian,” usul Bambang.

Bambang menyarankan DPR membuat standar. Kira-kira sejauh mana kualitas calon Kapolri sebelum diserahkan kembali kepada Presiden. Setidaknya, dengan standar ini, masyarakat akan tahu sejauh mana kualitas Kapolri.

dtc/ tiw

lowongan pekerjaan
Juara Karakter Indonesia, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Bersenang-Senang

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (13/11/2017). Esai ini karya Sholahuddin, Manajer Penelitian dan Pengembangan Harian Solopos. Alamat e-mail penulis adalah sholahuddin@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini terjadi perubahan secara radikal pada lanskap ekonomi dan bisnis di Indonesia. Sektor bisnis konvensional…