Jumat, 3 September 2010 20:35 WIB News Share :

Hunian hotel diprediksi naik jelang Lebaran

Semarang–Sejumlah pengelola hotel di Kota Semarang, memrediksi kenaikan tingkat hunian menjelang Lebaran 2010 mengingat letak kota tersebut yang menjadi titik transit pemudik.

General Manager Hotel Ciputra Semarang, Budi Irianto, di Semarang, Jumat, mengatakan, pemesanan kamar antara H-3 hingga H+3 sudah mencapai sekitar 75 persen.

“Dan diperkirakan akan berangsur naik,” katanya.

Hal tersebut diungkapkannya usai buka puasa bersama puluhan anak Pondok Pesantren Hidayatullah, Pudak Payung Semarang, di Hotel Ciputra Semarang, sebagai bagian dari “corporate social responsibility” (CSR).

Pihaknya optimistis bahwa pemesanan kamar hotel untuk rentang waktu tersebut akan mencapai 100 persen, apalagi sebagai kota transit menjadikan banyak pemudik yang akan melewati Kota Semarang.

“Untuk bulan-bulan biasa, tingkat hunian hotel biasanya berkisar 74 persen dari total kamar berjumlah 198 kamar berbagai kelas, seperti superior, deluxe, dan grand deluxe yang disediakan,” katanya.

Ia mengatakan, tingkat hunian selama bulan puasa yang sempat diprediksikan menurun ternyata justru relatif stabil atau cenderung sama dengan bulan-bulan biasanya.

Pihaknya mencatat tingkat hunian di Hotel Ciputra Semarang per 31 Agustus 2010 mencapai 71,2 persen, padahal saat bulan puasa tahun lalu tingkat hunian di bawah 50 persen.

“Kalau untuk tahun ini sebenarnya prospeknya lebih baik dibandingkan dengan tahun lalu, sebab tahun lalu masih diliputi krisis global dan kebetulan bertepatan dengan penyelenggaraan pemilihan umum,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Hotel Ciputra Semarang juga mengajak sebanyak 58 santri ponpes tersebut berbelanja pakaian di Mall Ciputra dan bermain sepuasnya di wahana permainan “Game Fantasia”.

“Untuk kegiatan belanja, kami ingin memberikan kesempatan mereka memilih sendiri pakaian yang disukainya untuk Lebaran, sebab biasanya kami langsung memberikan bingkisan sehingga mereka tidak bisa memilih,” kata Budi.

Pada kesempatan lain General Manager Hotel Santika Semarang, Yosef Hendro, juga memperkirakan tingkat hunian hotel di Kota Semarang akan mengalami peningkatan, seiring dengan lonjakan jumlah pemudik yang melintas di kota tersebut.

“Kenaikan tingkat hunian hotel diperkirakan terjadi mulai H-4 hingga H+4  Lebaran. Para tamu hotel biasanya juga cuma menginap paling lama satu hari,” kata Yosef.

Ant/tya

lowongan pekerjaan
sales, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…