News
Jumat, 3 September 2010 - 10:46 WIB

Gunung Sinabung semburkan kerikil ke perkampungan

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Karo–Letusan Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut), yang terjadi pada Jumat (3/9) pagi, turut menyemburkan bebatuan. Sejumlah warga yang mengungsi pagi tadi menyatakan letusan tersebut merupakan yang terbesar dibanding sebelumnya dan sangat menakutkan.

E Sembiring, warga Desa Deram, Kecamatan Naman Teran, Kabupaten Karo, menyatakan situasi di desanya cukup mencekam Jumat pagi ketika mereka mengungsi dengan kendaraan. Selain debu bercampur belerang, kerikil-kerikil kecil dari muntahan gunung juga sampai di kampung mereka.

Advertisement

Sebelum letusan terjadi, kata Sembiring, mereka mendengar suara gemuruh sekitar enam menit. Suara gemuruh itulah yang merisaukan mereka dan menguatkan keinginan untuk segera menyelamatkan diri.

Kuatnya letusan kali ini tergambar dari debu bercampur belerang yang menempel di kendaraan milik warga yang mengungsi tadi pagi. Mobil-mobil tersebut hampir seluruhnya berselubung debu.

“Padahal baru satu malam kami pulang dari pengungsian. Ini terpaksa balik lagi mengungsi,” kata Sembiring yang mengungsi bersama keluarganya di Jambur Taras, Kecamatan Berastagi.

dtc/rif

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif