News
Jumat, 3 September 2010 - 08:02 WIB

Gunung Sinabung meletus lagi

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Medan–Setelah meletus dua kali, Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, kembali meletus dengan mengeluarkan suara bergemuruh dan mengeluarkan asap tebal.

Pantauan dari Desa Perteguhan, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Karo, Jumat (3/9), Gunung Sinabung terasa mulai beraktivitas sekitar pukul 04.50 WIB.

Advertisement

Aktivitas gunung tersebut ditandai dengan suara gemuruh disertai dengan gempa vulkanik yang mengejutkan warga. Juga tampak asap tebal keluar dari puncak gunung.

Warga yang tengah berada di rumah-rumah mereka tampak mengambil sikap waspada di depan rumah mereka, demikian juga yang berada di lokasi-lokasi pengungsian. Guncangan gempa vulkanik yang diserta suara gemuruh terjadi sekitar satu menit lebih.

Gunung Sinabung meletus pertama kali pada Minggu 29 Agustus dinihari pukul 00.08 WIB serta mengeluarkan asap dan abu tebal yang disertai lontaran lava pijar. Gunung tersebut kembali meletus dan mengeluarkan abu tebal pada Senin 30 Agustus sekitar pukul 06.27 WIB.

Advertisement

Akibat musibah itu, puluhan ribu warga telah diungsikan ke sejumlah lokasi yang dianggap aman dengan radius minimal enam kilometer dari kaki gunung itu.

inilah/rif

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif