News
Jumat, 3 September 2010 - 13:07 WIB

Demokrat: Pidato SBY buat Malaysia melunak

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta –– Partai Demokrat (PD) menilai pidato Presiden SBY berdampak baik bagi hubungan Indonesia-Malaysia. Janji pemerintah Malaysia bahwa TKI akan diperhatikan, dinilai sebagai tanda negeri jiran itu melunak.

“Malaysia sudah menyinggung memilih jalur diplomasi, mereka juga memperhatikan TKI. Itu artinya pidato SBY sudah didengar Malaysia. SBY memang mengedepankan penyelesaian dari jalur diplomasi,” ujar Wakil Ketua Umum PD Max Sopacua, kepada wartawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (4/9).

Advertisement

Menurut Max, apa yang disampaikan Presiden SBY terkait simbiosis mutualisme antara Indonesia dengan Malaysia dan sudah menyentuh rakyat Malaysia. Malaysia, dinilai Max, sudah kembali bersimpati kepada Indonesia sebagai negara serumpun.

“SBY menyampaikan hubungan Indonesia dengan Malaysia yang saling menguntungkan. Tidak ada yang boleh mengambil keputusan yang irasional. Memang masalah itu harus diselesaikan secara diplomasi,” ujar Max.

Namun demikian, Max berharap Malaysia juga mau membahas bersama-sama masalah perbatasan dengan Indonesia, sehingga insiden di perbatasan tidak terulang lagi.

Advertisement

“Jangan menunggu penyelesaian kasus Malaysia dengan Singapura,” papar Max.

Max juga berharap Malaysia tidak omong kosong soal TKI. Malaysia diharapkan menepati janji merawat TKI.

“Malaysia harus melindungi TKI di sana. Jangan melihat masalah dari satu kejadian saja. Hubungan baik harus dijaga,” pintanya.

Advertisement


dtc/tya

Advertisement
Kata Kunci : Malaysia SBY
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif