Kamis, 2 September 2010 11:42 WIB Issue Share :

Sutradara asal Iran dilarang hadiri Festival Film Venice

Venice–Jafar Panahi, salah satu sutradara yang paling berpengaruh di Iran, telah dibebaskan dari penjara oleh pemerintah Teheran. Meski begitu, Jafar dilarang untuk menghadiri festival-festival film di luar Iran.

Seperti dilansir, Contact Music, Kamis (2/9), sutradara berusia 50 tahun itu mengungkapkan dirinya tidak bisa hadir di Festival Film Venice, Italia. Padahal The Accordion, film pendek karya Jafar dijadwalkan untuk diputar di festival tersebut pada Rabu (1/9).

“Meski saya sudah dibebaskan, saya masih tidak bebas keluar dari negara saya untuk menghadiri festival film,” tulis Jafar kepada pihak panitia Festival Film Venice lewat email.

Jafar ditangkap dan dijebloskan ke penjara oleh pemerintah Teheran pada 1 Maret 2010. Ia dituduh membuat film anti pemerintah. Hingga akhirnya pada Mei 2010, Jafar dibebaskan setelah beberapa sineas dari seluruh dunia, seperti Robert Redford, Martin Scorsese, Steven Spielberg dan Robert De Niro melakukan protes.

Jafar Panahi merupakan salah satu sineas Iran yang sangat berprestasi di dunia film internasional. Pada 1995, Jafar sempat mendapat penghargaan Camera d’Or prize di Cannes. The Circle dan The White Balloon adalah film karya Jafar yang sangat populer.

dtc/ tiw

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…