Kamis, 2 September 2010 17:48 WIB Ekonomi Share :

Agustus, inflasi Solo terkendali di posisi 0,16%

Solo (Espos)--Inflasi Kota Solo bulan Agustus terkendali pada posisi angka 0,16%, dengan penyumbang inflasi terbesar tarif dasar listrik (TDL), yakni mencapai 0,13% dengan perubahan harga 4,34%.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Solo, Toto Desanto, saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Kamis (2/9), menyampaikan kendati Agustus sudah memasuki lebih dari separo Bulan Puasa, tetapi sumbangan inflasi bahan makanan sangat kecil.

Bahkan, secara umum kelompok bahan makanan mengalami deflasi 0,2%. Beberapa bahan makanan yang mengalami deflasi antara lain cabe rawit, cabe merah, bawang merah, telur ayam ras dan nangka muda.

Untuk beras sendiri, selama Agustus masih ada sedikit kenaikan dengan perubahan harga 0,64%. Tetapi, andil inflasi beras hanya 0,04%. Masih lebih rendah dari andil inflasi tarif listrik.

Terkendalinya angka inflasi Agustus dinilai terjadi karena Agustus belum memasuki H-7 Lebaran. H-7 Lebaran, diprediksi baru terlihat adanya dinamika harga kebutuhan makanan.

“Inflasi ini lebih diuntungkan karena adanya persoalan waktu. Kebetulan H-7 Lebaran ada di bulan September, sehingga inflasi Agustus masih bisa terkendali,” tutur Toto.

haw

lowongan pekerjaan
sales, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…