Rabu, 1 September 2010 18:46 WIB Sukoharjo Share :

Sidak penggilingan jagung, Gubernur tegur Pemkab dan pengurus

Sukoharjo (Espos)–Gubernur Jawa Tengah, Bibit Waluyo terang-terangan mengaku kecewa dan menegur keras Pemkab Sukoharjo serta Pengurus Kelompok Tani Ngesti Raharjo saat inspeksi mendadak (Sidak) ke tempat penggilingan dan pengeringan jagung di Dukuh Tempukrejo, Desa Mojorejo, Kecamatan Bendosari, Rabu (1/9).

Pasalnya, dia menilai alat penggilingan dan pengeringan jagung bantuan dari Pemerintah Provinsi tersebut tak terawat.  “Seharusnya alat ini bisa menjadi sarana untuk pertumbuhan ekonomi kerakyatan. Tapi kondisinya kok seperti ini, ngapusi (bohong-red),” tegas Bibit dengan lantang di hadapan wartawan seusai Sidak.

Dia menambahkan, dana yang digelontorkan untuk membangun tempat penggilingan dan pengeringan jagung itu menjadi sia-sia. Dia menegaskan, pengurus tempat tersebut, yakni Kelompok Tani Ngesti Raharjo seyogyanya mampu merawatnya dengan baik. “Tempat ini besar, tapi tidak diberdayakan. Dinas Pertanian dan pengurus harusnya rutin melihat kinerja pengurus di sini,” imbuh Bibit.

Gubernur meminta Dinas Pertanian dan Pengurus Kelompok Tani Ngesati Raharjo untuk saling berkoordinasi untuk memanfaatkan tempat dan alat penggilingan serta pengiringan jagung tersebut untuk masyarakat, terutama petani.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Sukoharjo, Giyarti menyatakan kalau alat tersebut tidaklah mangkrak. Dan masih tetap difungsikan saat musim panen tiba. Terakhir, alat penggilingan itu dipakai pada musim panen jagung pada September tahun lalu. “Ini nanti kalau musim panen lagi juga dipakai, yaitu Oktober mendatang. Jadi enggak mangkrak. Dan ketua pengurusnya sedang mencari bahan mentah ke Gorontalo,” jelasnya.

hkt

lowongan pekerjaan
induktorindo, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…