Rabu, 1 September 2010 18:35 WIB News Share :

Kementan usulkan subsidi pupuk 2011 Rp 19,4 triliun

Jakarta–Kementerian Pertanian (Kementan) mengusulkan kepada Komisi IV DPR besaran subsidi pupuk untuk tahun 2011 senilai Rp 19,4 triliun.

Menteri Pertanian Suswono di Jakarta, Rabu mengatakan, subsidi pupuk sebesar itu untuk subsidi harga pupuk Rp16,38 triliun, bantuan langsung pupuk Rp1,95 triliun, pendampingan dan pengawalan subsidi pupuk Rp70 miliar.

Selain itu, untuk ujicoba pengalihan subsidi pupuk langsung ke petani senilai Rp 735,67 miliar dan perluasan pemulihan kesuburan lahan pertanian sebesar Rp 300,2 miliar.

“Sehubungan dengan itu kami mengharapkan rencana tersebut mendapat dukungan dari Komisi IV DPR RI,” katanya pada Rapat Kerja dengan Komisi IV DPR yang membidangi sektor pertanian itu.

Rapat Kerja yang dipimping Ketua Komisi IV DPR RI Ahmad Muqowam tersebut membahas penyusunan RKA-K/L RAPBN tahun anggaran 2011, Evaluasi Realisasi Daya Serap APBNP 2010 dan Hasil Evaluasi Pelaksanaan APBN 2009.

Terkait dengan rencana pelaksanaan subsidi pupuk secara langsung, Suswono menyatakan, Kementerian Pertanian pada tahun depan akan melakukan ujicoba subsidi langsung pupuk ke petani guna meningkatkan efisiensi dan efektivitas subsidi pupuk.

Ujicoba tersebut merupakan lanjutan ujicoba pada tahun 2010 yang telah dilaksanakan di Kabupaten Karawang Jawa Barat dalam skala kecil.

“Untuk melihat efektivitasnya, pada tahun 2011 kami akan mencobanya di 10 kabupaten dengan dana yang dibutuhkan sebesar Rp 735,67 miliar,” katanya.

Mentan menyatakan, pihaknya telah mengirimkan surat kepada Menteri Keuangan pada 26 Agustus 2010 dengan cara pengalihan Pos Belanja Subsidi ke Belanja Bantuan Sosial Kementerian Lembaga.

Ant/tya

lowongan pekerjaan
garment, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…