News
Rabu, 1 September 2010 - 18:35 WIB

Kementan usulkan subsidi pupuk 2011 Rp 19,4 triliun

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Kementerian Pertanian (Kementan) mengusulkan kepada Komisi IV DPR besaran subsidi pupuk untuk tahun 2011 senilai Rp 19,4 triliun.

Menteri Pertanian Suswono di Jakarta, Rabu mengatakan, subsidi pupuk sebesar itu untuk subsidi harga pupuk Rp16,38 triliun, bantuan langsung pupuk Rp1,95 triliun, pendampingan dan pengawalan subsidi pupuk Rp70 miliar.

Advertisement

Selain itu, untuk ujicoba pengalihan subsidi pupuk langsung ke petani senilai Rp 735,67 miliar dan perluasan pemulihan kesuburan lahan pertanian sebesar Rp 300,2 miliar.

“Sehubungan dengan itu kami mengharapkan rencana tersebut mendapat dukungan dari Komisi IV DPR RI,” katanya pada Rapat Kerja dengan Komisi IV DPR yang membidangi sektor pertanian itu.

Rapat Kerja yang dipimping Ketua Komisi IV DPR RI Ahmad Muqowam tersebut membahas penyusunan RKA-K/L RAPBN tahun anggaran 2011, Evaluasi Realisasi Daya Serap APBNP 2010 dan Hasil Evaluasi Pelaksanaan APBN 2009.

Advertisement

Terkait dengan rencana pelaksanaan subsidi pupuk secara langsung, Suswono menyatakan, Kementerian Pertanian pada tahun depan akan melakukan ujicoba subsidi langsung pupuk ke petani guna meningkatkan efisiensi dan efektivitas subsidi pupuk.

Ujicoba tersebut merupakan lanjutan ujicoba pada tahun 2010 yang telah dilaksanakan di Kabupaten Karawang Jawa Barat dalam skala kecil.

“Untuk melihat efektivitasnya, pada tahun 2011 kami akan mencobanya di 10 kabupaten dengan dana yang dibutuhkan sebesar Rp 735,67 miliar,” katanya.

Advertisement

Mentan menyatakan, pihaknya telah mengirimkan surat kepada Menteri Keuangan pada 26 Agustus 2010 dengan cara pengalihan Pos Belanja Subsidi ke Belanja Bantuan Sosial Kementerian Lembaga.

Ant/tya

Advertisement
Kata Kunci : Kementtan Pupuk
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif