Rabu, 1 September 2010 16:20 WIB Kesehatan Share :

Habis makan jangan langsung sikat gigi

Jakarta–Banyak orang yang beranggapan bahwa sikat gigi dilakukan langsung setelah makan. Hal tersebut tidaklah benar, karena sikat gigi yang benar adalah 20 menit setelah makan.

“Memang sebaiknya sikat gigi setiap kali setelah makan agar bakteri-bakteri tidak berkembang di mulut. Tapi sikat gigi yang benar adalah 20 menit setelah makan,” ujar Prof DR drg Melanie S. Djamil, Mbiomed, pakar kesehatan gigi dan mulut, dalam acara temu media 8 Aksi Perlindungan Gigi dan Mulut di Penang Bistro, Jakarta, Selasa (31/8).

Prof Melanie menjelaskan, di dalam mulut terdapat saliva (air ludah) yang bersifat buffer effect (penyeimbang). Saat makan, pH normal saliva yang semula 6,8 akan turun hingga mencapai pH kritis, yaitu 4.

Bila setelah makan langsung sikat gigi, maka struktur alami saliva tersebut akan rusak dan mempengaruhi fungsinya terhadap proses pencernaan.

“Sebaiknya tunggu 15 sampai 20 menit, sehingga pH saliva kembali normal dulu, baru sikat gigi,” jelas dokter gigi yang juga dosen Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti.

Selain mengganggu proses pencernaan karena rusaknya struktur saliva, menurut Prof Melanie, bila orang terbiasa melakukan sikat gigi langsung setelah makan, maka bisa menyebabkan melemahnya email gigi.

Hal tersebut akan semakin diperparah bila seseorang mengonsumsi makanan dan minuman yang bersifat asam.

Untuk mengatasinya, Prof Melanie merekomendasikan sebaiknya selalu berkumur dengan air putih matang setiap kali selesai makan. Hal ini bisa mempercepat pH saliva dalam mulut kembali normal, sehingga tidak sempat melemahkan email gigi.

dtc/ tiw

lowongan pekerjaan
Hotel Margangsa, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…