News
Selasa, 31 Agustus 2010 - 14:11 WIB

Syafii Maarif: Soal Ahmadiyah, Menag tidak bijak

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Rencana pembubaran Ahmadiyah mendapat sejumlah tanggapan. Salah satunya Mantan Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif yang justru menyayangkan pernyataan Menteri Agama Suryadharma Ali soal pembubaran Ahmadiyah.

Syafii menilai, pernyataan Menteri Agama sangat tidak tepat.  “Tanyakan kepada Menteri Agama, apa alasannya? Masih banyak pekerjaan lain yang lebih penting dari itu,” kata Ahmad Syafii Maarif, Selasa (31/8).

Advertisement

Pendiri Maarif Institute ini menganggap pernyataan Menteri Agama itu tidak bijak. Apalagi, kata dia, pernyataan pembubaran Ahmadiyah itu terlontar dari seorang pejabat negara.

“Meski saya tidak setuju dengan ideologi Ahmadiyah, caranya tidak bisa seperti itu,” ujar peraih penghargaan Ramon Magsaysay dari pemerintah Filipina ini.

Syafii menegaskan bahwa Ahmadiyah yang berdiri sejak 1925 itu tidak hanya berisi satu orang. Tapi ada pula organisasi-organisasi struktural di dalam Ahmadiyah yang melibatkan banyak orang.

Advertisement

Maka itu, Syafii menyarankan agar Menteri Agama jangan mendengarkan masukan dari salah satu pihak saja. Apalagi kalau saran dari satu pihak itu langsung dijadikan kebijakan.

“Tapi juga tolong dengarkan pendapat pihak lain agar fair opinion. Agar lebih komprehensif,” ujarnya. Syafii khawatir, “akan muncul aparat-aparat swasta yang akan merusak Ahmadiyah.”

Menteri Agama kemarin mengatakan Jamaah Ahmadiyah harus segera dibubarkan. Rencananya, usai Lebaran, pembahasan pembubaran akan dilakukan.  “Seharusnya Ahmadiyah segera dibubarkan. Kalau tidak dibubarkan permasalahannya akan terus berkembang,” kata Suryadharma kemarin.

Advertisement

vivanews/rif

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif