Selasa, 31 Agustus 2010 10:28 WIB Internasional Share :

Perangi korupsi, Meksiko pecat 3.200 polisi

Meksiko–Pemerintah Meksiko memecat 3.200 polisi atau sepersepuluh dari total personil kepolisan di negeri itu. Pemecatan itu bertujuan untuk memerangi korupsi.

Demikian ungkap Kepala Kepolisian Meksiko, Facundo Rojas, Senin (30/8) waktu setempat. “Mereka gagal dalam tes kepercayaan,” kata Rojas seperti dikutip laman stasiun televisi al-Jazeera.

Dia merinci, lebih dari 450 petugas telah dituduh melakukan kriminalitas. Selain itu, dalam beberapa pekan mendatang sebanyak 1.485 polisi juga bakal digusur.

Menurut Rojas, pemecatan massal itu bertujuan untuk meraih kembali kepercayaan publik kepada polisi. Dalam empat tahun terakhir, Kepolisian Meksiko diberi tanggungjawab untu memerangi peredaran narkoba. Namun, publik lebih sering melihat polisi sebagai figur yang tidak kompeten dan korup.

Itulah sebabnya geng-geng obat bius di Meksiko masih terus beraksi dan berani melawan polisi.

vivanews/rif

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Membumikan Politik Profetik

Gagasan ini dimuat Solopos edisi Senin (17/7/2017). Esai ini karya Sholahuddin, Manajer Penelitian dan Pengembangan Harian Solopos. Alamat e-mail penulis adalah sholahuddin@solopos.co.id.¬† Solopos.com, SOLO–Saya tidak bermaksud berutopia bila dalam esai ini mewacanakan kembali politik profetik. Dalam ranah wacana, politik profetik…