Selasa, 31 Agustus 2010 12:53 WIB Ekonomi Share :

Menkeu
Target defisit RAPBN 2011 Rp 115,7 T

Jakarta–Menteri Keuangan (Menkeu) Agus Martowardojo mengatakan, postur RAPBN 2011 disusun dengan target defisit fiskal sebesar Rp 115,7 triliun atau sekitar 1,7 persen dari produk domestik bruto (PDB).

“Postur RAPBN 2011 tersebut disusun sesuai dengan tema rencana kerja pembangunan 2011 guna mendukung sasaran pembangunan,” kata Agus Martowardodjo ketika memberikan sambutan pada rapat paripurna dengan agenda jawaban pemerintah atas pemandangan umum fraksi-fraksi terhadap RUU tentang APBN 2011 di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (31/8).

Agus Martowardjojo menjelaskan, defisit fiskal tahun 2011 tersebut berasal dari pendapatan negara dan hibah yang direncanakan mencapai Rp 1.086,4 triliun dikurangi dengan belanja negara yang direncanakan mencapai Rp 1.202,0 triliun.

Dengan konfigurasi kebijakan fiskal yang demikian, kata dia, maka RAPBN 2011 akan memberikan dampak terhadap sektor riil berupa konsumsi pemerintah yang diperkirakan mencapai Rp 610,1 triliun atau sekitar 8,7 persen terhadap PDB.

Selain itu pembentukan modal tetap domestik bruto (PMTDB) dari kegiatan investasi pemerintah yang diperkirakan mencapai Rp 209,0 triliun  atau sekitar 3,0 persen terhadap PDB.

Menurut dia, tingkat konsumsi dan investasi pemerintah tersebut diharapkan dapat mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi serta membantu upaya mengurangi pengangguran sekaligus diperkirakan dapat memberikan dampak ekspansif terhadap sektor moneter.

Hal ini, katanya, sejalan dengan upaya pemerintah untuk meningkatkan alokasi anggaran belanja secara terukur dalam rangka percepatan pertumbuhan ekonomi tanpa harus memberikan tekanan yang berlebihan pada keseimbangan moneter yang dapat memicu meningkatnya laju inflasi.

ant/rif

lowongan pekerjaan
PT. ATALIAN GLOBAL SERVICE, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

Rusunawa Kota Madiun Siap Ditempati 70 KK pada November 2017

Pembangunan Rusunawa di Kelurahan Nambangan Lor bakal rampung November mendatang. Solopos.com, MADIUN — Pembangunan rumah susun sederhana sewa (rusunawa) lima lantai di Kelurahan Nambangan Lor, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun, dijadwalkan rampung November 2017. Setelah selesai, tempat tersebut akan dihuni 70 keluarga…