News
Selasa, 31 Agustus 2010 - 15:37 WIB

137.771 Warga perbatasan Kaltim terisolasi

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Samarinda–Sebanyak 137.771 jiwa dari 3,550 juta jiwa penduduk Provinsi Kalimantan Timur hidup di wilayah perbatasan dengan Malaysia Timur, yang terpencil dan terisolasi.

Kepala Bidang Integrasi, Pengolahan dan Desiminasi Statistik (IPDS) Badan Pusat Statistik (BPS) Kaltim Achmad Zaini di Samarinda, Selasa (31/8), mengatakan, mereka tersebar di tiga kabupaten dan 14 kecamatan.

Advertisement

Hingga kini mereka dalam keadaan memprihatinkan karena minimnya akses ke daerah itu sehingga perlu perhatian serius pemerintah agar mereka tidak hidup dengan segala keterbatasan akibat minimnya fasilitas dan infrastruktur.

Tiga kabupaten yang memiliki kecamatan berbatasan langsung dengan Sabah dan Serawak, Malaysia Timur,  adalah Kabupaten Kutai Barat, Malinau, dan Kabupaten Nunukan.

Panjang garis perbatasan darat mulai Kutai Barat hingga Nunukan sepanjang 1.038 kilometer dengan luas wilayah mencapai 49.841 kilometer persegi, sementara jumlah desa di 14 kecamatan itu sekitar 250 desa.

Advertisement

Desa-desa tersebut pada umumnya sangat terisolasi, tertinggal dan terbelakang dengan tingkat kesejahteraan penduduk rendah yang disebabkan terbatasnya infrastruktur, ketersediaan sarana transportasi, informasi, dan komunikasi.

Jumlah penduduk di perbatasan terbanyak berada di Kabupaten Nunukan, rinciannya adalah di Kecamatan Krayan sebanyak 7.245 jiwa, Krayan Selatan sebanyak 2.256 jiwa, Lumbis terdapat 9.906 jiwa, dan jumlah penduduk di Kecamatan Nunukan sebanyak 53.536 jiwa.

Kemudian di Kecamatan Sebuku, masih dalam Kabupaten Nunukan, terdapat 14.899 jiwa, di Kecamatan Sebatik yang merupakan pulau kecil di Utara Nunukan terdapat penduduk sebanyak 22.045 jiwa, dan penduduk di Kecamatan Sebatik Barat terdapat 10.400 jiwa.

Advertisement

Untuk Kabupaten Malinau yang terdapat lima kecamatan berbatasan dengan Malaysia Timur adalah Kecamatan Kayan Hulu dengan penduduk sebanyak 2.434 jiwa, dan penduduk di Kecamatan Kayan Selatan terdapat 1.706 jiwa.

Kemudian di Kecamatan Kayan Hilir terdapat penduduk sebanyak 1.352 jiwa, di Kecamatan Pujungan terdapat penduduk 1.352 orang, dan di Kecamatan Bahau Hulu terdapat jumlah penduduk sebanyak 1.478 jiwa.

Berikutnya di Kabupaten Kutai Barat terdapat dua kecamatan yang berbatasan langsung dengan Sabah, yakni Kecamatan Long Pahangai dengan jumlah penduduk sebanyak 4.361 jiwa, dan Kecamatan Long Apari terdapat 4.093 jiwa.

ant/rif

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif