Soloraya
Senin, 30 Agustus 2010 - 19:15 WIB

Pemkot Solo targetkan pengumpulan zakat fitrah Rp 80 juta

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)–Pemerintah Kota (Pemkot) Solo mentargetkan dapat mengumpulkan uang zakat fitrah senilai Rp 80 juta dari kalangan pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemkot setempat pada Lebaran tahun 2010 ini.

Kepala Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah (Setda) Kota Solo, Nur Hayani, mengemukakan diharapkan uang zakat fitrah tersebut dapat terkumpul semua paling lambat 3 September mendatang. Pihaknya mencatat hingga Senin (30/8) pagi, telah terkumpul Rp 36 juta.

Advertisement

“Untuk sementara saat ini yang terkumpul baru separuh dari target tahun ini, yakni senilai Rp 36 juta. Tetapi harapan kami maksimal tanggal 3 September sudah terkumpul semua,” ujar Nur ketika ditemui wartawan di sela-sela pendataan penerima zakat fitrah di Balaikota Solo, Senin.

Nur menjelaskan zakat tersebut dikumpulkan dari jajaran PNS di 150 satuan kerja perangkat daerah (SKPD), termasuk dari kalangan PNS yang bertugas sekolah-sekolah negeri. Direncanakan uang zakat senilai Rp 80 juta itu akan diwujudkan dalam beras sebanyak 12 ton.

Menurut rencana, pembagian zakat akan dilaksanakan Selasa (7/9), kepada warga dan kelompok masyarakat yang telah terdaftar dalam pendataan pada hari Senin tersebut. “Untuk warga perseorangan akan menerima masing-masing 2,5 kg dengan menunjukkan bukti girik dari Pemkot. Sementara untuk kelompok masyarakat, yayasan, panti atau paguyuban juga akan menerima secara kolektif. Tetapi besarannya belum bisa kami tentukan, nanti kami hitung dulu,” jelasnya.

Advertisement

Di samping itu, Nur menyebutkan sebagian zakat juga dibagikan kepada pegawai golongan I. Pihaknya berharap, beras zakat itu bisa membantu mereka dalam merayakan Idul Fitri tahun ini.

sry

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Zakat Fitrah
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif