Senin, 30 Agustus 2010 09:41 WIB Pendidikan Share :

Mendiknas jamin keamanan mahasiswa Malaysia

Surabaya–Mendiknas Mohammad Nuh menjamin keamanan mahasiswa dan pelajar Malaysia di Indonesia terkait dinamika hubungan Indonesia-Malaysia dalam beberapa pekan terakhir.

Staf khusus Mendiknas Sukemi dalam rilisnya, Senin (30/8), menyebutkan bahwa hal dkemkakan Mendiknas Mohammad Nuh setelah melakukan komunikasi dengan Wakil PM Malaysia Tan Sri Muhyiddin Yassin, Minggu (29/8).

Sebaliknya, Malaysia juga akan melakukan hal sama kepada para mahasiswa dan pelajar Indonesia yang sedang menuntut ilmu di negeri jiran tersebut.

“Kami sepakat dunia pendidikan harus diselamatkan karena pendidikan tidak boleh terpangaruh oleh pasang-surutnya dinamika hububungan kedua negara,” jelas Mendiknas dalam rilis itu.

Selain dengan Wakil PM Malaysia yang juga Menteri Pelajaran Malaysia (Mendiknas), Muh. Nuh juga telah berkomunikasi dengan Sekjen Kementerian Pelajaran Malaysia Tan Sri Dr. Zulkurnain untuk menyepakati keamanan mahasiswa dan pelajar kedua belah pihak.

“Kami sepakat hubungan pendidikan, termasuk di dalamnya keberadaan mahasiswa dan pelajar, tidak dikait-kaitkan dengan kondisi dinamika hubungan Indonesia-Malaysia saat ini,” katanya,

Nuh berharap mahasiswa dan pelajar Indonesia yang berada di Malaysia maupun sebaliknya mahasiswa dan pelajar Malaysia yang berada di Indonesia untuk tidak terpengaruh dengan kondisi terakhir ini.

“Saya sudah berkomunikasi dan bersepakat dengan Wakil PM Malaysia yang juga Mendiknas agar dunia pendidikan tidak memperkeruh situasi saat ini, karena itu jaminan keamanan perlu kami berikan kepada mahasiswa dan pelajar kedua negara,” tegasnya.

ant/rif

lowongan pekerjaan
PT. Lemindo Abadi Jaya, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Jokowi Raja Batak

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (13/01/2018). Esai ini karya Advent Tarigan Tambun, inisiator Sinabung Karo Jazz 2017. Alamat e-mail penulis adalah atambun@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Saya bukan ahli budaya Batak. Dengan jujur saya harus mengatakan bahwa pengetahuan saya tentang budaya…