Senin, 30 Agustus 2010 14:28 WIB News Share :

Jumlah pengungsi melonjak hingga 29.818 jiwa

Medan – Kasus pengungsian terus terjadi menyusul letusan lanjutan Gunung Sinabung, di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Senin (30/8). Hingga pukul 13.00 WIB, Posko Utama Penanggulangan Bencana Alam Letusan Gunung Sinabung mencatat jumlah pengungsi berjumlah 29.818 jiwa.

Humas Pemerintah Kabupaten Karo Jhonson Tarigan menyatakan, berdasarkan pendataan yang dilakukan tim, arus pengungsian masih berlanjut. Namun konsentrasi pengungsian sudah terbagi ke beberapa daerah kecamatan, tidak lagi terfokus di Kecamatan Kabanjahe dan Brastagi saja.

Pertambahan jumlah yang cukup pesat ini, karena pendataan semakin diintensifkan dan pengungsian baru juga terjadi karena adanya letusan Gunung Sinabung pagi tadi.

“Hari ini ada 8.000 pengungsi baru di Kecamatan Munte. Mereka merupakan penduduk yang berasal dari Kecamatan Tiganderket, wilayah tetangga yang berada di kawasan Gunung Sinabung,” kata Jhonson di Posko Utama Jl. Veteran, Kabanjahe, Karo.

Ke 8.000 pengungsi baru ini, kata Tarigan, ditampung di los pasar Singgamanik, Munte. Masih belum diketahui, apakah ada kemungkinan pertambahan jumlah pengungsi di kecamatan ini. Hal tersebut mengingat pengungsian di sana baru dimulai hari ini.

dtc/tya

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Defisit, Utang, dan Pertumbuhan

Gagasan ini dimuat Solopos edisi Kamis (13/7/2017). Esai ini karya Muhammad Husein Heikal, peneliti di Economic Action (EconAct) Indonesia. Alamat e-mail penulis adalah huseinheikal@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Defisit anggaran diperlebar, utang luar negeri ditambah, maka pertumbuhan ekonomi akan terdongkrak. Begitulah yang bisa…