Soloraya
Senin, 30 Agustus 2010 - 18:06 WIB

Dishub razia angkutan penumpang

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Dok)

Solo (Espos)–Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo melakukan razia terhadap armada angkutan penumpang di Terminal Tirtonadi Solo, Senin (30/8). Hasilnya, masih ditemukan sejumlah bus yang tidak layak jalan lantaran sebagian kurang lengkap surat-suratnya, serta tidak lolos uji emisi.

Pantauan Espos, Senin, razia tersebut dilakukan dengan memeriksa kelengkapan surat-surat dan kondisi bus yang masuk ke Terminal Tirtonadi. Puluhan bus yang diperiksa antara lain jenis bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), serta angkutan kota yang setiap hari masuk ke terminal itu.

Advertisement

Kasubdin Teknik Sarana dan Prasarana Dishub Kota Solo, Indarjo, saat ditemui wartawan di sela-sela razia, mengemukakan pengecekan kelengkapan administrasi meliputi surat izin trayek, izin berkala (kelayakan armada), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), serta Surat Izin Mengendarai (SIM) pengemudi.

“Jika surat-suratnya tidak lengkap, maka akan kami kenakan semacam surat Tilang (bukti pelanggaran-red), yang dinamakan Catatan Pemeriksaan Perkara Pelanggaran Lalu Lintas Jalan (CP3L). Dan mereka wajib menjalani persidangan karena melanggar aturan,” ujar Indarjo.

Uji kelayakan kendaraan, dilakukan Dishub dengan memeriksa kelengkapan fasilitas di dalam bus, antara lain kondisi rem, wiper, klakson, lampu-lampu hingga ban. “Kami juga melakukan uji emisi untuk melihat kondisi emisi gas buang. Bus-bus yang emisi gas buangnya melebihi ambang batas 70 persen, mendapatkan peringatan keras,” tegasnya.

Advertisement

Lebih lanjut Indarto menyebutkan razia hari itu dilaksanakan Dishub dalam rangka menjamin kenyamanan dan keamanan para penumpang bus menjelang Lebaran nanti. Razia serupa, lanjut dia, bakal dilakukan secara lebih intensif pada sekitar H-3 Lebaran hingga H+7. Di sisi lain, Indarto mengatakan menjelang Lebaran ini Dishub Solo juga membuka uji emisi gratis bagi kendaraan pribadi.

sry

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Razia Angkutan
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif