News
Senin, 30 Agustus 2010 - 08:16 WIB

Debu letusan gunung Sinabung berbahaya

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Letusan Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Sumut, berbahaya bagi manusia karena membawa material abu dan asap hitam. Sehingg warga yang masih berada di pemukiman diminta untuk menutup hidup dan mulutnya.

“Debu itu berbahaya, makanya kita minta supaya warga menutup mulut dan hidungnya,” ujar Kepala Dinas Penanggulangan Bencana Alam (Kadistamben) Sumut, Untung Kaban, Senin (30/8).

Advertisement

Menurut Untung, imbauan agar warga menutup mulut dan hidung tersebut ditujukan bagi warga yang berada di zona berbahaya karena enggan mengungsi meskipun sudah diperingatkan.

“Kalau yang sudah di pengungsian mereka aman, tapi yang masih di daerah yang kurang dari radius 6 Km itu yang berbahaya. Padahal dari awal kita sudah peringatkan warga untuk mengungsi, tapi masih ada swebagian warga yang membandel,” imbuhnya.

Sebelumnya diberitakan warga melihat Gunung Sinabung mengeluarkan larva panas berwarna merah, disusul ledakan sebanyak empat kali yang disertai gempa.

Advertisement

Sejumlah warga yang masih bertahan karena menjaga rumahnya di zona bahaya pun akhirnya ikut mengungsi. Sebab, hutan di sekeliling desa mereka sudah rata dihujani abu vulkanik.

dtc/rif

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif