Senin, 30 Agustus 2010 08:59 WIB News Share :

Bonus Rp 5 juta untuk pelapor percaloan tiket KA

Bandung-–Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Tundjung Indrawan menjanjikan, bagi siapa saja yang sanggup melaporkan percaloan di lingkungan KA, disediakan bonus uang sebagai konpensasinya.

“Saya beri hadiah Rp 500.000 untuk pelaporan calo luar dan Rp 5 juta untuk calo orang dalam PT KA,” demikian dikatakan Tundjung Indrawan, Minggu (29/8), usai melakukan inspeksi mendadak di Stasiun Bandung.

Ditegaskan, praktik percaloan ini sedianya tidak dicuatkan secara berlebihan lantaran percaloan kerap terjadi di mana pun diluar PT KA yang dilakukan para oknum yang tidak bertanggung jawab.

“Selalu ada disparitas antara permintaan dan penyediaan sehingga terjadi praktik tersebut, tapi kami akan terus tekan jumlahnya,” jelasnya.

Untuk menghindari percaloan, terang Tundjung, PT KA kini semakin mempermudah pemesanan, diantaranya melalui online, melalui kantor pos pembayaran via atm, travel hingga pembelian langsung di loket resmi.

Menurutnya, keberadaan calo sulit dihilangkan sepenuhnya, lantaran segelintir penumpang ingin mendapatkan tiket dengan cara yang mudah saat permintaan tinggi.

“Kami juga tidak bisa memperketat pendataan saat memesan karena hal ini berhubungan, namun komitmennya, tindak percaloan ini akan diperkecil jumlahnya,” katanya.

ant/rif

lowongan pekerjaan
Hotel Margangsa, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…