News
Senin, 30 Agustus 2010 - 10:29 WIB

Belum genting, SBY tak kunjungi pengungsi

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Presiden SBY belum merasa perlu mengunjungi pengungsi Letusan Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumut. Sebab, Letusan Gunung Sinabung belum menjadi bencana nasional dan masih bisa ditangani pemerintah daerah setempat.

“Kemarin BNPB sudah melaporkan ke Presiden. Namun belum ada kegentingan yang memaksa untuk ditinjau Presiden karena ini belum bencana nasional dan masih mampu ditangani pejabat setempat,” kata Jubir Kepresidenan, Julian Aldrin Pasha, Senin (30/8).

Advertisement

BNPB, menurut Julian, sudah melaporkan adanya peningkatan aktivitas Gunung Sinabung. Presiden pun sudah memerintahkan BNPB bekerjasama dengan Menkokesra untuk menyerahkan bantuan awal dari Pemerintah Pusat.

“BNPB langsung mengirim belasan tim ke lokasi. Sehari berikutnya Menkokesra menyampaikan dana bantuan awal sebesar Rp 500 juta,” terang Julian.

Julian menuturkan, Presiden juga mengimbau agar BNPB melakukan advokasi dalam hal administrasi misalnya audit dan bantuan dari luar. BNPB juga diperintahkan Presiden untuk membangun tempat penampungan lengkap dengan toilet dan dapur umum.

Advertisement

dtc/ tiw

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Gunung Sinabung
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif