Senin, 30 Agustus 2010 10:29 WIB News Share :

Belum genting, SBY tak kunjungi pengungsi

Jakarta–Presiden SBY belum merasa perlu mengunjungi pengungsi Letusan Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumut. Sebab, Letusan Gunung Sinabung belum menjadi bencana nasional dan masih bisa ditangani pemerintah daerah setempat.

“Kemarin BNPB sudah melaporkan ke Presiden. Namun belum ada kegentingan yang memaksa untuk ditinjau Presiden karena ini belum bencana nasional dan masih mampu ditangani pejabat setempat,” kata Jubir Kepresidenan, Julian Aldrin Pasha, Senin (30/8).

BNPB, menurut Julian, sudah melaporkan adanya peningkatan aktivitas Gunung Sinabung. Presiden pun sudah memerintahkan BNPB bekerjasama dengan Menkokesra untuk menyerahkan bantuan awal dari Pemerintah Pusat.

“BNPB langsung mengirim belasan tim ke lokasi. Sehari berikutnya Menkokesra menyampaikan dana bantuan awal sebesar Rp 500 juta,” terang Julian.

Julian menuturkan, Presiden juga mengimbau agar BNPB melakukan advokasi dalam hal administrasi misalnya audit dan bantuan dari luar. BNPB juga diperintahkan Presiden untuk membangun tempat penampungan lengkap dengan toilet dan dapur umum.

dtc/ tiw

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Defisit, Utang, dan Pertumbuhan

Gagasan ini dimuat Solopos edisi Kamis (13/7/2017). Esai ini karya Muhammad Husein Heikal, peneliti di Economic Action (EconAct) Indonesia. Alamat e-mail penulis adalah huseinheikal@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Defisit anggaran diperlebar, utang luar negeri ditambah, maka pertumbuhan ekonomi akan terdongkrak. Begitulah yang bisa…