Senin, 30 Agustus 2010 13:08 WIB Ekonomi Share :

Bank libur 9-13 September

Jakarta–Perbankan akan mengikuti libur dan cuti bersama nasional dalam rangka lebaran pada 9-13 September. Sementara perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) akan libur pada 8-14 September.

Perbankan aken mengikuti jadwal libur dari Bank Indonesia yang tidak akan meliburkan kegiatan operasional Real Time Gross Settlement (RTGS)dan Scripless Securities Settlement System (SSSS) sejak 9 September 2010 sampai dengan 13 September 2010.

“Sistem BI-RTGS dan BI-SSSS pada hari Kamis sampai Senin tanggal 9 sampai 13 September 2010 tidak beroperasi dan akan kembali beroperasi sesuai dengan window time yang berlaku pada hari Selasa tanggal 14 September 2010,” ujar Kepala Biro Humas BI, Difi Ahmad Johansyah di Jakarta, Senin (30/8).

Difi menuturkan, pada hari Rabu tanggal 8 September 2010 seluruh kegiatan penyelenggaraan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) masih diadakan sesuai jadwal dan ketentuan yang berlaku.

“Namun khusus untuk wilayah kliring Jakarta dan Surabaya, kliring penyerahan untuk warkat debet ditiadakan,” tuturnya.

Lebih lanjut Difi menuturkan, pada hari Selasa tanggal 14 September 2010 seluruh kegiatan penyelenggaraan SKNBI kembali diadakan sesuai jadwal dan ketentuan yang berlaku.

“Tetapi khusus wilayah kliring Jakarta dan Surabaya, kliring pengembalian H+1 ditiadakan,” ujarnya.

Pada 15 September 2010, Difi menambahkan, seluruh kegiatan penyelenggaraan SKNBI akan diadakan kembali sesuai jadwal yang berlaku.

Dihubungi secara terpisah, Direktur Jaringan dan Layanan PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) Honggo Widjojo menuturkan, terdapat 200 cabang yang akan tetap buka pada hari Sabtu 11 September 2010 dan Senin 13 September 2010 untuk pelayanan transaksi kas rupiah.

“Khusus untuk hari Minggu 12 September 2010 nasabah dapat memanfaatkan layanan di 27 outlet weekend banking sebagaimana biasanya. BNI telah mengantisipasi kebutuhan masyarakat untuk tetap bertransaksi pada masa libur lebaran,” ungkap Honggo.

Merujuk ketentuan RTGS dan SKNBI Bank Indonesia, Honggo menuturkan BNI tetap mengikuti ketentuan tersebut namun tidak mengurangi pelayanan kepada nasabahnya.

Sementara menurut informasi yang diperoleh, BEI sudah akan menutup perdagangan saham mulai 8 September. Transaksi saham di BEI akan dibuka lagi pada 15 September.

dtc/ tiw

PT. ABRAR TUJUH BERSAUDARA ISLAMI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Pelajaran dari First Travel

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (18/8/2017). Esai ini karya Riwi Sumantyo, dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah riwi_s@yahoo.com. Solopos.com, SOLO¬†— Ditangkap dan ditahannya Direktur Utama PT First Anugerah Karya Wisata (First…