Minggu, 29 Agustus 2010 21:37 WIB Sragen Share :

Tiga lakon wayang dibabar dalam satu malam

Sragen–Tiga dalang kondang membabar pakeliran wayang kulit semalam suntuk dengan tiga lakon banjaran atau berurutan dalam Safari Ramadhan Persatuan Dalang Surakarta (Padasuka) di Pendapa Rumah Dinas Bupati Sragen, Sabtu (28/8) malam hingga Minggu (29/8) dinihari.

Ketiga dalang tersebut meliputi Ki Purbo Asmoro dengan lakon Jagal Abilowo, Ki Mantep Sudarsono dengan lakon Ampak-ampak Wirata dan Ki Sri Susilo Tengkleng dengan lakon pungkasan Kresna Gugat. Masing-masing dalang memainkan lakon dengan durasi waktu rata-rata selama dua jam.

Sedikitnya 32 dalang dari 48 dalang yang tergabung dalam Padasuka turut hadir mendukung pegelaran rutin yang diadakan kali ketiga Padasuka. Guru Besar UGM Prof Dr Timbul Haryono dan Seniman terkenal Cak Dikin juga turut hadir, di samping Bupati Sragen Untung Wiyono dan jajaran pimpinan forum musyawarah daerah dan pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

GPH Benowo saat ditemui Espos di sela-sela pagelaran itu, mengungkapkan, ide dan gagasan awal pagelaran wayang kulit secara gratis ini berasal dari inisiatif para dalang yang bekerja sama dengan pemerintah daerah di Soloraya. Inisiatif ini, kata dia, baru berjalan kali ketiga di Sragen. Kegiatan awal dilaksanakan di Boyolali dan yang kedua di Wonogiri.

“Sebenarnya banyak permintaan, dari Madiun, Kediri, Semarang dan sejumlah daerah lainnya. Namun banyaknya aktivitas anggota Padasuka ini, maka perlu ada komitmen bersama, yakni satu tahun sekali dan mengambil bulan puasa, sekaligus sebagai sarana safari Ramadhan. Kemungkinan pagelaran keempat bakal digelar di rumah Ki Mantep Sudarsono sekaligus sebagai peringatan ulang tahunnya yang ke-63,” ujarnya.

trh

lowongan pekerjaan
PT. TUMBAKMAS NIAGASAKTI, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…