Minggu, 29 Agustus 2010 13:35 WIB News Share :

Pemerintah sumbang dana awal Rp 300 juta

Jakarta–Pemerintah melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah mengucurkan dana awal untuk para korban letusan Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Sumbangan awal yang telah dikucurkan senilai Rp 300 juta.

“Kita kirim tadi pagi pukul 06.00 WIB berupa uang Rp 200 juta untuk provinsi, dan 100 juta untuk kabupaten. Jadi total dana yang dikirimkan Rp 300 juta,” kata Humas BNPB Priyadi Kardono di kantornya, Jl Juanda, Jakarta, Minggu (29/8).

Untuk bantuan lainnya, menurut Priyadi, pihaknya masih menunggu permintaan di lapangan. Jika ada dana yang kurang, pasti akan ditambahi. “Kan ada istilahnya dana on call, dana yang disiapkan pemerintah untuk keperluan mendadak,” imbuhnya.

Selain itu, lanjut Priyadi, untuk upaya penanganan bencana sifatnya luwes. Kalau diperlukan bantuan bisa didatangkan dari daerah tetangga, sehingga tidak hanya berkutat pada pemerintah pusat dan provinsi saja.

“Kami juga telah menyiapkan tim bantuan kemanusiaan 75 orang yang standby jika sewaktu-waktu dbutuhkan. Mereka siap diberangkatkan dari Bandara Halim mengunakan Hercules.”

Sementara bantuan logistik seperti tenda, masker dan makanan saat ini sudah disupport oleh pemerintah kabupaten. “7.000 Masker telah dibagikan, saat ini kami tengah fokus untuk upaya evakuasi,” kata Priyadi.

dtc/ tiw

lowongan pekerjaan
PT. Astra International Tbk-isuzu, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Urgensi Mendesain Ulang Prolegnas

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (14/2/2018). Esai ini karya Isharyanto, dosen Hukum Tata Negara di Universita Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah isharyantoisharyanto8@gmail.com.  Solopos.com, SOLO–Sidang paripurna DPR di ujung 2017 lalu dibuka dengan laporan 50 rancangan undang-undang (RUU)…