News
Sabtu, 28 Agustus 2010 - 14:55 WIB

Jateng peroleh bantuan 100 kapal penangkap ikan

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarang–Pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan memperoleh bantuan sekitar 100 unit kapal penangkap ikan dari pemerintah pusat yang diberikan secara bertahap hingga 2013.

“Bantuan kapal tangkap bagi nelayan ini akan diberikan secara bertahap mulai tahun ini,” kata Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Sriyadhi, di Semarang, Sabtu (28/8).

Advertisement

Alokasi bantuan kapal itu, kata dia, jauh lebih besar dari rencana semula sekitar lima kapal untuk Jawa Tengah.

“Pada rencana awal, Kementerian Kelautan dan Perikanan berencana memberikan bantuan sekitar lima kapal untuk sejumlah provinsi yang memiliki potensi kelautan,” jelasnya.

Menurut dia, dengan kepastian bantuan itu upaya untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat di pesisir laut dapat segera terealisasi. Ia menjelaskan, dengan kapal bantuan yang memiliki bobot sekitar 30-40 Gross Ton per unit tersebut, para nelayan dapat mencari ikan ke perairan bebas yang lebih jauh ketimbang selama ini.

Advertisement

“Dengan wilayah pencarian ikan yang lebih luas, maka hasilnya tentu akan lebih banyak,” katanya.

Ia mengatakan, wilayah tangkapan pada batas 12 mil laut dinilai telah terlalu padat.
Dengan bobot kapal yang semakin besar, kata dia, para nelayan tentu akan lebih siap bersaing dalam mencari ikan di kawasan perairan bebas.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo meminta pemerintah pusat menjadikan provinsi itu sebagai daerah percobaan untuk program bantuan kapal penangkap ikan.

Advertisement

“Jika ternyata di Jawa Tengah berhasil, dapat dilanjutkan untuk provinsi-provinsi yang lain,” katanya.

Berdasarkan uji coba yang dilakukan Jawa Tengah, katanya, akan diketahui kekurangan dan kelemahan dalam program bantuan itu, sehingga dapat dilakukan perbaikan ketika diterapkan di provinsi lain.

ant/rif

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif