Jumat, 27 Agustus 2010 13:37 WIB Ekonomi Share :

RI daftarkan kain tenun jadi kekayaan asli

Jakarta–Tidak lama lagi tidak hanya batik yang menjadi kekayaan budaya Indonesia dan telah diakui dunia. Kain Tenun sedang dalam proses pengukuhan budaya asli bangsa di Unesco.

Demikian disampaikan Ketua Panitia acara HUT Cita Tenun Indonesia (CTI) Sari Hartanto Wibowo dalam acara Pesta Tenun di Hotel Ritz Calton, Pasific Place SCBD Jakarta, Jumat (27/8).

“Saya laporkan kepada ibu negara Ani Bambang Yudhoyono, tenun sedang kami daftarkan ke Unesco sebagai kekayaan budaya bangsa Indonesia,” jelas Sari.

Menteri Koordinator Bidang Ekonomi Hatta Rajasa menerangkan, industri tenun memiliki potensi untuk tumbuh layaknya batik. Tenun juga bisa menjadi komoditas ekspor baru serta identitas pergaulan bangsa di dunia Internasional.

“Selain itu industri tenun bisa menjadikan integrasi, sinergi berbagai sektor dan wilayah. Sehingga seluruh potensi dapat tergali,” tambahnya.

Pemerintah sangat mengapresiasi dari pengurus CTI. Hal ini bisa menjadi referensi dalam promosi dan pengembangan tenun. “Tenun jadi adibusana sebagai pengungkapan tata krama, jati diri bangsa,” kata Hatta.

dtc/rif

lowongan pekerjaan
PT. Monang' Sianipar Abadi ( MSA KARGO ), informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Bersenang-Senang

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (13/11/2017). Esai ini karya Sholahuddin, Manajer Penelitian dan Pengembangan Harian Solopos. Alamat e-mail penulis adalah sholahuddin@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini terjadi perubahan secara radikal pada lanskap ekonomi dan bisnis di Indonesia. Sektor bisnis konvensional…