News
Jumat, 27 Agustus 2010 - 13:37 WIB

RI daftarkan kain tenun jadi kekayaan asli

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Tidak lama lagi tidak hanya batik yang menjadi kekayaan budaya Indonesia dan telah diakui dunia. Kain Tenun sedang dalam proses pengukuhan budaya asli bangsa di Unesco.

Demikian disampaikan Ketua Panitia acara HUT Cita Tenun Indonesia (CTI) Sari Hartanto Wibowo dalam acara Pesta Tenun di Hotel Ritz Calton, Pasific Place SCBD Jakarta, Jumat (27/8).

Advertisement

“Saya laporkan kepada ibu negara Ani Bambang Yudhoyono, tenun sedang kami daftarkan ke Unesco sebagai kekayaan budaya bangsa Indonesia,” jelas Sari.

Menteri Koordinator Bidang Ekonomi Hatta Rajasa menerangkan, industri tenun memiliki potensi untuk tumbuh layaknya batik. Tenun juga bisa menjadi komoditas ekspor baru serta identitas pergaulan bangsa di dunia Internasional.

“Selain itu industri tenun bisa menjadikan integrasi, sinergi berbagai sektor dan wilayah. Sehingga seluruh potensi dapat tergali,” tambahnya.

Advertisement

Pemerintah sangat mengapresiasi dari pengurus CTI. Hal ini bisa menjadi referensi dalam promosi dan pengembangan tenun. “Tenun jadi adibusana sebagai pengungkapan tata krama, jati diri bangsa,” kata Hatta.

dtc/rif

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif