News
Jumat, 27 Agustus 2010 - 08:41 WIB

Pansel serahkan 2 calon pimpinan KPK ke Presiden

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Panitia Seleksi Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya sudah memilih dua calon pimpinan KPK. Dua calon itu rencananya akan diserahkan ke Presiden dan kemudian diserahkan ke DPR.

“Alhamdullillah, Pansel KPK selesai memilih dua nama calon pimpinan KPK untuk diajukan kepada Presiden SBY,” kata anggota Pansel KPK, Todung Mulya Lubis, dalam akun twitternya, Kamis (26/8).

Advertisement

Penentuan dua calon pimpinan KPK itu dilakukan dalam rapat tertutup. Pengumuman siapa yang akan lolos akan dilakukan di Istana Negara pada pukul 10.30.

Seleksi pimpinan KPK ini dilakukan untuk mencari pengganti Antasari Azhar. Mantan Ketua KPK itu diberhentikan tetap dari jabatannya setelah menjadi terdakwa dalam kasus pembunuhan berencana. Antasari pun terbukti terlibat dalam kasus pembunuhan berencana tersebut.

Seperti diketahui, seleksi tahap wawancara diikuti tujuh calon. Mereka adalah mantan Direktur Tata Usaha Negara Kejaksaan Agung Sutan Bagindo Fahmi, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Jimly Asshiddiqie, Irjen Pol. (purn) Chaerul Rasjid, advokat Melli Darsa, Ketua Komisi Yudisial Busyro Muqoddas, Ketua Kaukus Antikorupsi DPD RI I Wayan Sudirta, dan advokat Bambang Widjojanto..

Advertisement

Sejumlah lembaga seperti ICW berharap calon yang terpilih bukan berasal dari unsur kepolisian atau jaksa. Mereka menilai, kasus-kasus mafia hukum yang terungkap saat ini justru berasal dari dua institusi tersebut.

vivanews/rif

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif