Jumat, 27 Agustus 2010 08:41 WIB News Share :

Pansel serahkan 2 calon pimpinan KPK ke Presiden

Jakarta–Panitia Seleksi Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya sudah memilih dua calon pimpinan KPK. Dua calon itu rencananya akan diserahkan ke Presiden dan kemudian diserahkan ke DPR.

“Alhamdullillah, Pansel KPK selesai memilih dua nama calon pimpinan KPK untuk diajukan kepada Presiden SBY,” kata anggota Pansel KPK, Todung Mulya Lubis, dalam akun twitternya, Kamis (26/8).

Penentuan dua calon pimpinan KPK itu dilakukan dalam rapat tertutup. Pengumuman siapa yang akan lolos akan dilakukan di Istana Negara pada pukul 10.30.

Seleksi pimpinan KPK ini dilakukan untuk mencari pengganti Antasari Azhar. Mantan Ketua KPK itu diberhentikan tetap dari jabatannya setelah menjadi terdakwa dalam kasus pembunuhan berencana. Antasari pun terbukti terlibat dalam kasus pembunuhan berencana tersebut.

Seperti diketahui, seleksi tahap wawancara diikuti tujuh calon. Mereka adalah mantan Direktur Tata Usaha Negara Kejaksaan Agung Sutan Bagindo Fahmi, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Jimly Asshiddiqie, Irjen Pol. (purn) Chaerul Rasjid, advokat Melli Darsa, Ketua Komisi Yudisial Busyro Muqoddas, Ketua Kaukus Antikorupsi DPD RI I Wayan Sudirta, dan advokat Bambang Widjojanto..

Sejumlah lembaga seperti ICW berharap calon yang terpilih bukan berasal dari unsur kepolisian atau jaksa. Mereka menilai, kasus-kasus mafia hukum yang terungkap saat ini justru berasal dari dua institusi tersebut.

vivanews/rif

lowongan pekerjaan
Toko Cat Warna Abadi (WAWAWA), informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…