Jumat, 27 Agustus 2010 19:28 WIB Klaten Share :

Mikro hidro dioptimalkan, ketergantungan terhadap subsidi bisa ditekan,

Klaten (Espos)--Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Darwin Zahedy Saleh menyatakan sampai saat ini masyarakat masih sangat tergantung pada energi minyak bumi serta listrik PLN sehingga sebagian APBN habis untuk memberikan subsidi.

Dia menjelaskan, alokasi subsidi BBM tahun ini mencapai Rp 90 triliun sedangkan subsidi listrik Rp 55 triliun.

Demikian disampaikan Darwin,  Jumat (27/8), saat mengunjungi pembangkit listrik tenaga mikro hidro di kawasan Objek Mata Air Cokro (OMAC) di Kecamatan Tulung, Klaten.

Dikemukakan  dia, potensi tenaga air (hidro power) yang dikalkulasi bisa menghasilkan tenaga listrik sebesar 75.000 mega watt (MW) belum tergali seluruhnya.

Padahal jika energi itu bisa dimanfaatkan secara optimal, maka bisa mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap listrik yang dihasilkan PLN.

Listrik yang dihasilkan PLN saat ini hanya sekitar 25.000 MW, atau hanya sepertiganya jika dibanding energi yang bisa dihasilkan hidro.”

Menurutnya, mikro hidro termasuk energi yang bisa diperbarui atau takkan cepat habis seperti halnya energi minyak bumi.

Dia memaparkan, pengoperasian pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH) pun tidak terlalu rumit, karena air yang dipakai menggerakkan turbin hanya sebatas lewat dan seterusnya mengalir ke sungai atau saluran air yang dituju.

“Jika mikro hidro dioptimalkan, maka ketergantungan terhadap subsidi bisa ditekan,” kata Darwin.

rei

lowongan pekerjaan
PT.Swadharma Sarana Informatika, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama Rakyat Awasi Pemilu

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (05/01/2018). Esai ini karya Ahmad Halim, Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kota Administrasi Jakarta Utara. Alamat e-mail penulis adalah ah181084@gmail.com Solopos.com, SOLO–Pemberlakuan UU No. 7/2017 tentang Pemilihan Umum (gabungan UU No. 8/2012, UU…